BPM dan Prodi Sastra Indonesia Selenggarakan Pemantauan dan Evaluasi Peringkat Akreditasi

Jakarta (Unas) – Badan Penjaminan Mutu bersama Program studi Sastra Indonesia Universitas Nasional melakukan simulasi Tahap II Pemantauan dan Evaluasi Peringkat Akreditasi (PEPA) di Ruang Seminar Selasar Lt. 3 Unas, Senin, 10 April 2023.  Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Suryono Efendi, S.E., M.B.A., M.M., Kepala Badan Penjaminan Mutu Unas Dr. Muhani, S.E., M.Si.M., Dekan Fakultas Bahasa dan Sastra Dr. Drs. Somadi Sosrohadi, M.Pd. Ketua dan Sekretaris Program studi Sastra Indonesia dan seluruh dosen di Program studi Sastra Indonesia.

Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Suryono Efendi, S.E., M.B.A., M.M., mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan tahap akhir dalam pemantauan peringkat akreditasi untuk Prodi Sastra Indonesia. Ia melanjutkan bahwa terkait akreditasi ini, prodi Sastra Indonesia perlu menyiapkan segala sesuatunya dengan matang agar mendapat hasil yang sesuai harapan.

Suryono juga mengatakan, Sastra Indonesia perlu menyiapkan untuk akreditasi Unggul. Menurutnya, hal ini tidak sulit mengingat sumber daya manusia yang dimiliki Fakultas Bahasa dan Sastra mayoritas sudah berpendidikan Doktor (S3). “Perlu dicanangkan kepada dosen-dosennya agar mengurus jabatan fungsionalnya dan kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi sehingga dua atau tiga tahun lagi, Sastra Indonesia bisa diusulkan untuk akreditasi Unggul,” ujarnya.

Dikutip dari laman resmi, Instrumen Pemantauan dan Evaluasi Peringkat Akreditasi (IPEPA) merupakan instrumen yang digunakan untuk memantau dan mengevaluasi peringkat akreditasi Perguruan Tinggi dan Program Studi. Pemantauan yang dilakukan oleh BAN PT terdiri dari 3 Tahap Pemantauan.

Pemantauan Tahap 1 dilaksanakan dengan mekanisme pemantauan data melalui PDDIKTI. Pemantauan Tahap 2 dilaksanakan dengan mekanisme penyusunan Dokumen IPEPA oleh Perguruan Tinggi dan/atau Program Studi yang mendapatkan status pemantauan tahap 2 oleh BAN PT dan Pemantauan Tahap 3 dilaksanakan dengan mekanisme visitasi lapang untuk memverifikasi secara langsung terhadap PT dan Program Studi yang mendapatkan status pemantauan tahap 3.

Baca Juga :   Workshop Partisipatif Studi Evaluasi Proyek HBCC di Indonesia

Kegiatan pemantauan ini dipandu oleh Kepala Kepala Badan Penjaminan Mutu Unas Dr. Muhani, S.E., M.Si.M. didampingi Kepala Bidang Pengumpulan dan Pengolahan Data BPM Unas Asyiq Nur Muhammad, S.Kom. (*DMS)

Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!