Bius Ratusan Peserta, Scholarship Day Jadi Kado Terindah Menjelang Akhir Tahun

JAKARTA ( UNAS) –  Lantunan lagu  Shape Of You yang dibawakan oleh musisi kenamaan asal Inggris  Ed Sheeran ini turut menemani deretan – deretan para peserta seminar yang sejak pukul 07.00 pagi rela antri untuk melakukan pendaftaran. Acara Sholarship Day yang diselenggarakan oleh UPT – Marketing & Public Relations bekerjasama dengan Kantor Kerja sama Internasional ( KKI) dan Biro Kemahasiswaan UNAS ini berhasil menyihir para peserta yang hadir tak pelak  hanya dalam tempo tiga puluh menit saja sebanyak 250 kursi peserta pun telah penuh terisi oleh para peserta yang terdiri dari beberapa guru dan siswa – siswi  SMA/SMK serta seluruh mahasiswa UNAS  yang terdiri dari berbagai macam program studi yang ada di UNAS.

Ditengah keriuhan para peserta yang tengah sibuk berselfie ria sembari menunggu antrean panjang, salah satu peserta yang berhasil kami wawancarai mengaku sangat penasaran sekali dengan acara Scholarship Day hari ini. Tak tanggung – tanggung,  mahasiswi bernama lengkap Munzi Aulia Rahmah inipun sampai mendaftarkan dirinya  jauh – jauh hari sebelum acara ini dihelat baik via whats app maupun   instagram yang telah tertera di website Universitas Nasional.

“ Terus terang aku excited banget pas tau kalau  bakal ada acara seperti ini.  Soalnya aku memang udah lama banget ingin bisa keluar negeri, baik untuk melanjutkan kuliah atau sekedar mengikuti program jangka pendek yang memang telah disediakan oleh beberapa mitra UNAS yang berada di luar negeri. Semoga saja diacara ini nanti aku bisa mendapatkan tips dan trik  tentang bagaimana cara mendapatkan beasiswa luar negeri khususnya ke Korea”, ungkap mahasiswi jurusan Ilmu Komunikasi ini Kamis ( 23/11).

Sorak – sorai para peserta tak terbendung saat MC yang digawangi oleh Rina dan Oscar memasuki  ruang Aula serta mengajak para peserta untuk bersama – sama melafalkan  yel – yel Scholarship Day 2017 yang  dalam waktu singkat sempat membuat suasana menjadi sedikit gaduh.

Tepat pukul 08.30  acara dibuka dengan sambutan dari Manajer UPT Marketing & Public Relation dan sambutan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Universitas Nasional. Dalam sambutannya Dian Metha Ariyanti, M.Si, selaku Manager UPT Marketing tampil membawakan kata perkata dengan santai dan tertata rapi. Ia menjelaskan tentang apa – apa saja beasiswa yang ada di UNAS serta bagaimana UNAS selama ini telah berhasil menghantarkan para mahasiwa penerima beasiswa hingga akhirnya memperoleh nilai akademik yang sangat memuaskan dan membanggakan.Wanita jebolan Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia inipun sempat bertanya kepada seluruh peserta yang hadir tentang siapa sajakah yang ingin melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Sontak ratusan peserta yang terdiri dari mahasiswa aktif inipun kompak menjawab saya bu, saya bu diiringi dengan acungan tangan mereka ke udara.

“   Inilah saatnya kita membuka mata tentang peluang  yang ada di Universitas yang sama – sama kita banggakan ini.  Kalian patut berbangga dan berbahagia sebab UNAS  memiliki banyak sekali kerjasama – kerjasama dengan universitas luar negeri seperti, China, Korea, Malaysia bahkan Italia. Hal ini tidaklah sulit bagi kita untuk dapat meraihnya sebab beberapa dari teman – teman kita sudah banyak yang meneruskan pendidkan mereka baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang seperti S2 dan S3.  Maka dari itu di acara scholarship day kali ini kalian akan menemukan formula yang ampuh untuk menembuh beasiswa tersebut yang nantinya akan diberikan oleh para narasumber – narasumber yang telah hadir didepan kita,” ungkap Metha Jakarta, Ruang Auditorium  Universitas Nasional.

Serupa tapi tak sama dalam sambutannya Dr. Zainul Djumadin M.Si selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan pun menyampaikan perihal betapa penting dan berharganya sebuah kesempatan. Terlebih lagi kesempatan itu telah ada didepan mata seperti beasiswa – beasiswa yang ada di UNAS, seperti beasiswa prestasi, akademik, pgri maupun beasiswa luar negeri yang saat ini jumlah peminatnya selalu meningkat dari tahun – ke tahun.

Acara kali ini terbagi menjadi 4 sesi  dengan masing – masing narasumber membawakan tema  yang berbeda yaitu, Study Abroad Program in Europe, Nothing is Impossible, Sharing the Experience serta Pemberian Beasiswa dari Luar Negeri.

Scholarship Day kali inipun tampaknya benar – benar mendapat aprsesiasi yang luar biasa tidak hanya dari para peserta melainkan dari banyaknya narasumber yang ingin membagikan ilmu dan pengalaman mereka pada acara ini. terdapat kurang lebih delapan orang narasumber yang terdiri dari dalam negeri serta narasumber dari luar negeri seperti Dr. Clara Gabriel (Senai Educational Consultant, Spain ), Jin Ihyun ( King Sejong Institute, Korea) serta An Zu ( SanSang University, Korea).

 Kegiatan yang dibalut dengan konsep fun dan edukatif ini juga diwarnai dengan hujan pertanyaan yang diajukan oleh para peserta  yang semakin tertarik setelah mendengarkan langsung pengalaman  teman – teman mereka yang telah berhasil pergi ke Korea dan Italia.

Tak berhenti disitu acara semakin meriah dengan pemberian doorprize, sertifikat dan games tebak warna yang berhasil memancing gelak tawa para peserta yang tanpa terasa  sudah mengikuti seminar ini dari pukul 08.00 s/d 13.00 WIB.