Jakarta (UNAS)- Biro Administrasi Akademik (BAA) Universitas Nasional (UNAS) menggelar Rapat Kerja dengan tema “Meningkatkan Mutu Pelayanan Akademik Menuju World Class University” pada Sabtu, 20 September 2025 di Exhibition Room.
Kepala BAA Dr. Dra. Sri Handayani, M.Si dalam presentasinya menekankan pentingnya peran BAA sebagai salah satu etalase utama universitas dalam mendukung visi UNAS menjadi perguruan tinggi berkelas dunia. “BAA bukan sekadar administrasi, tetapi merupakan jantungnya UNAS. BAA adalah titik kontak pertama, utama, dan terakhir bagi mahasiswa, dosen, hingga orang tua. Kesan mereka terhadap BAA adalah cerminan dari wajah universitas,” ujarnya.

Kepala BAA Dr. Dra. Sri Handayani, M.Si.
Lebih lanjut, Sri Handayani menyampaikan bahwa kekuatan BAA terletak pada tim yang loyal, berpengalaman, memahami prosedur dan standar operasional, serta memiliki dedikasi tinggi dalam menyelesaikan tugas. Namun, ia juga menggarisbawahi adanya tantangan yang perlu ditingkatkan, di antaranya masih adanya proses manual yang memakan waktu, serta belum terintegrasinya informasi antar bagian sehingga pelayanan cenderung reaktif dan belum sepenuhnya proaktif.
“Layanan world class adalah layanan yang cepat, tepat, mudah, terintegrasi, proaktif, solutif, serta berbasis data. Untuk itu, digitalisasi dan otomatisasi merupakan langkah penting yang harus terus dikembangkan agar kebutuhan civitas akademika dapat terpenuhi dengan optimal,” jelasnya.
Agenda rapat kerja ini juga menjadi tempat refleksi dan penjabaran langkah strategis untuk menghadapi visi universitas ke depan, terutama menjelang berakhirnya Rencana Strategis (Renstra) UNAS tahun 2025. Sri Handayani menekankan, lima tahun ke depan UNAS akan menghadapi tantangan yang lebih besar, sehingga peningkatan mutu pelayanan akademik harus menjadi prioritas bersama. (TIN)
Bagikan :


