Berbagi di Panti Asuhan, HIMAPAR Turut Kenalkan Destinasi dan Daya Tarik Wisata

Jakarta (UNAS) – Himpunan Mahasiswa Jurusan Pariwisata (HIMAPAR) Universitas Nasional (Unas) melakukan kegiatan HIMAPAR BERBAGI’ pada bulan Ramadhan dengan tema Berkah, Rekahkan Spirit Solid dan Keakraban Ukhuwah Islamiyah’. Kegiatan ini bertempat di Yayasan Panti Asuhan Yatim Da’arul Rahman, Pejaten, Pasar Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta, dan berlangsung pada Sabtu (08/04).

Acara dimulai pada pukul 16.00 WIB dengan diawali  kata sambutan dari Pengurus Yayasan Panti Asuhan, Ketua Program Studi Pariwisata Gagih Pradini S.Par., MM., Ketua Pelaksana Wikey Damai Yanti, dan sambutan dari Ketua Umum HIMAPAR, Glenn Abdillah Wibisono, serta diakhiri dengan pembacaan Al-Qur’an. Dalam rangkaian acara buka puasa ini juga dilakukan dengan pemaparan materiquiz, games dan pembagian takjil untuk berbuka puasa.

Dalam pemaparan materi tersebut, Ketua Program Studi Pariwisata menjelaskan mengenai Destinasi Pariwisata dan Daya Tarik WisataIa juga menjelaskan mengenai tiga komponen destinasi wisata yaitu Atraksi, Aksesibilitas dan Amenitas.

Destinasi Pariwisata adalah kawasan geografis yang berada dalam satu atau lebih wilayah administratif yang di dalamnya terdapat daya tarik wisata, fasilitas umum, fasilitas pariwisata, aksesibilitas, serta masyarakat yang saling terkait dan melengkapi terwujudnya kepariwisataan,” papar Gagih.

Sementara itu, Gagih juga mempresentasikan mengenai Daya Tarik Wisata, yang merupakan sesuatu yang memiliki keunikan, keindahan, dan nilai keanekaragaman kekayaan alam, budaya, serta hasil buatan manusia yang menjadi sasaran atau tujuan kunjungan wisatawan.

“Terdapat tiga kategori lagiada yang sifatnya natural attraction misalnya wisata alam seperti pemandangan, flora dan faunacultural attraction atau daya tarik yang berasal dari bentuk lingkungan dan budaya manusia seperti sejarah, arkeologi, religi dan kehidupan tradisional, serta yang terakhir ada special types of attraction atau daya tarik yang tidak berhubungan dengan kedua kategori diatas, tetapi atraksi yang berasal dari buatan manusia seperti theme parkcircus, shopping,” pungklasnya.

Baca Juga :   Talkshow Konservasi Primata Jawa

Acara pun ditutup dengan buka bersama dengan anak-anak yatim Yayasan Panti Asuhan Da’arul Rahman dan penyerahan santunan juga souvenir yang diberikan oleh Ketua Program Studi Pariwisata Gagih Pradini S.Par., MM., dan Dosen Program Studi Pariwisata Anisa Putri Kusumaningrum SST.Par., MM.(EMY/NIS)

Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!