Bangun Jiwa Wirausaha Wisudawan Lewat Character Building

JAKARTA – Mengemban tema ‘Entrepreneur’s Soul for All Professions and Skills’, pembekalan Character Building (CB) bagi para calon wisudawan Universitas Nasional (UNAS) kembali digelar, Kamis (01/2). Pembekalan ini diperuntukkan bagi calon wisudawan/wisudawati UNAS baik kelas reguler maupun karyawan periode ganjil tahun akademik 2017/2018.

Salah satu pemateri dalam kegiatan ini, Iwan Agustiawan Fuad dari PT. Investama Merah Putih mengatakan bahwa bisnis berati berilmu, inovatif, strategi, network, informatif, dan supel. Menurutnya, jika seseorang ingin menjadi wirausaha maka ia harus menumbuhkan jiwa kreatif dalam dirinya.

“Dalam memulai wirausaha, seseorang juga harus memperhatikan sembilan modal penting diantaranya cita-cita, peluang, reputasi, keterampilan, leadership, kerjasama, teknologi, berdoa, dan uang,” imbuhnya dalam presentasinya.

Pria kelahiran Jakarta, 10 Agustus 1968 ini menambahkan, seorang yang berwirausaha harus berani mengambil resiko dan keputusan, tidak mengenal gengsi, berani tampil beda, cerdik, kreatif, semangat, dan menganggap semua orang sebagai partner bisnis dan kawan.

Hal itu didukung oleh Syahrul Aryansyah. President Director PT. Hydro Perdana Retailindo itu mengatakan bahwa bisnis merupakan suatu proses beli dan menjual barang atau jasa dengan tujuan mendapatkan provit.

Dalam paparannya yang berjudul ‘How to Start and Run a Business’, pria lulusan salah satu universitas negeri di Yogyakarta ini menambahkan, jika seseorang memulai bisnis harus mengetahui gambarannya terlebih dahulu, strategi, targeting, marketing mix, lalu masuk kepada planning dan organizing. “Mau bisnis apapun semua tahapannya sama, tinggal bagaimana kita mau mulai bisnis itu,” tuturnya.

Bertempat di Aula Blok I Lantai IV UNAS, kegiatan ini terbagi menjadi dua sesi yaitu sesi pertama pada pukul 09.00 hingga 12.00 WIB, dan sesi kedua pada pukul 13.00 hingga 17.00 WIB. Turut hadir para pemateri yang lain yaitu Ketua Eksekutif UNITI College Malaysia, Amir Hamzah Bin Md Isa, Iwan Setiawan dari PT. Jagat Praditya Utama, Komisioner Badan Wakaf Indonesia, Imam Nur Aziz, Direktur PT. Bank Mahasiswa Indonesia, Rizky Adam, Witjaksono dari PT. Witjaksono Group, serta Delta Purnawidya dari PT. Qiscus Pte Ltd Singapore. 

Dalam akhir sambutannya, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UNAS, Dr. Zainul Djumadin, M.Si., mengatakan bahwa para lulusan sudah secara resmi menyandang predikat alumni UNAS, yang terdiri dari berbagai macam disiplin ilmu. Setelah ini, tambahnya, para lulusan akan bertebaran untuk mencari dan menyongsong masa depan.

“Semoga kalian dapat sukses menggapai cita-cita karena kesuksesan itu bukan milik seseorang tetapi milik  kita semua. Kalian semua memiliki peluang dan kesempatan yang besar, kami akan selalu mendoakan supaya alumni kami menjadi manusia yang berguna dan bisa membanggakan orangtua, bangsa, dan negara,” harapnya.(*NIS).