Asesmen Lapangan Akreditasi Magister Biologi, Asesor : Magister Biologi Unas Memiliki Keunikan

“Magister Biologi ini sangat unik karena kaitannya dengan konservasi lingkungan yang berhubungan dengan orangutan dan saya melihat ini jarang dan langka yang memiliki area keunikan seperti itu,” ungkap Prof. Sri dalam kegiatan asesmen lapangan akreditasi Magister Biologi.

Jakarta (Unas) – Asesor LAMSAMA (Lembaga Akreditasi Mandiri Sains Alam dan Ilmu Formal) melakukan asesmen lapangan akreditasi program studi Magister Biologi, pada Senin dan Selasa (20-21/11) di Ruang Seminar Lt. 3 Gedung Menara Unas Ragunan, Jakarta. Adapun Asesor yang melakukan asesmen yaitu Prof. Dr. Sri Puji Astuti Wahyuningsih, M.Si. (Asesor I) dari Universitas Airlangga dan Prof. Amin Setyo Leksono, S.Si., M.Si., Ph.D. (Asesor II) dari Universitas Brawijaya.

Asesmen lapangan ini dilakukan sebagai pengecekan bukti fisik dan dokumen yang telah diserahkan kepada LAMSAMA melalui aplikasi SALAM oleh Unit Pengelola Program Studi (UPPS) Magister Biologi. Adapun aspek yang dinilai oleh Asesor LAMSAMA meliputi sembilan kriteria diantaranya Pertama, visi, misi, tujuan dan strategi; Kedua, tata pamong,  tata kelola dan kerjasama; Ketiga, Mahasiswa; Keempat, sumber daya manusia; Kelima, keuangan, sarana dan prasarana; Keenam, pendidikan; Ketujuh, Penelitian; Kedelapan, Pengabdian kepada masyarakat; dan Kesembilan, luaran dan capaian tridharma.

Akreditasi merupakan hal wajib yang harus dilalui oleh program studi untuk mendapatkan nilai akreditasi. Sebelumnya, program studi Magister Biologi memiliki nilai akreditasi ‘Baik Sekali’. Dan tahun ini, Magister Biologi berupaya maksimal agar mendapatkan nilai akreditasi ‘Unggul’. Hal ini terbukti dengan lampiran yang disajikan oleh tim UPPS Magister Biologi.

Pada proses asesmen lapangan, tim akreditasi memaparkan borang yang telah diisi oleh Magister Biologi. Kemudian, tim Asesor menanyakan hal-hal yang perlu diklarifikasi terhadap bukti laporan di dalam borang. Dekan Fakultas Biologi dan Pertanian Unas Dr. Tatang Mitra Setia, M.Si. beserta tim akreditasi menjawab pertanyaan yang diajukan dengan baik sekaligus menjawab langkah kedepan Magister Biologi terkait proses pembelajaran dan penelitian.

Baca Juga :   Gandeng ASTTI dan LSP TTI, BP-PRO Gelar Pelatihan K3

Pada hari kedua, tim Asesor berkeliling ke sejumlah fasilitas seperti Perpustakaan, Ruang kelas, Ruang Dosen, Ruang Ketua Program Studi dan Pelayanan Akademik. Setelah melakukan kunjungan, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan mengenai wilayah-wilayah yang menjadi fokus penelitian Magister Biologi, seperti Suaq Balimbing di Taman Nasional Gunung Leuser, Sumatera, Stasiun Riset Cabang Panti di Taman Nasional Gunung Palung, Kalimantan Barat dan Stasiun Penelitian Orangutan Tuanan, di Kalimantan Tengah.

Setelah pemaparan, dilanjutkan dengan wawancara kepada mahasiswa Magister Biologi yang tengah melakukan penelitian di lapangan. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara akreditasi yang dilakukan oleh kedua belah pihak yaitu Pimpinan UPPS dan Tim Asesor.

Sebelum mengakhiri kegiatan asesmen lapangan, Asesor I Prof. Dr. Sri Puji Astuti Wahyuningsih, M.Si. menyampaikan rasa syukur atas selesainya asesmen lapangan dan berterima kasih atas sambutan yang sangat baik dari Universitas, Fakultas, maupun Prodi. Prof. Sri melanjutkan, selama dua hari ini asesmen banyak hal yang telah dikonfirmasi kepada tim UPPS terhadap laporan yang dituliskan di LED. Tak lupa, Ia juga memberikan catatan, apa yang harus dilakukan Magister Biologi kedepannya

Dalam kesempatan ini, Prof. Sri mengatakan bahwa Magister Biologi Unas memiliki keunikan tersendiri yaitu terkait dengan konservasi lingkungan yang berhubungan dengan orangutan. “Magister Biologi ini sangat unik karena kaitannya dengan konservasi lingkungan yang berhubungan dengan orangutan dan saya melihat ini jarang dan langka yang memiliki area keunikan seperti itu,” ungkap Prof. Sri dalam kegiatan asesmen lapangan akreditasi Magister Biologi.

Ia juga mengatakan bahwa, akreditasi sangat dibutuhkan oleh mahasiswa serta masyarakat. Karena adanya akreditasi menjadi bukti serta menjamin pembelajaran yang diberikan kepada mahasiswa oleh Magister Biologi sudah memenuhi standar dan tentunya memiliki kualitas.

Baca Juga :   Implementasikan Kerjasama, UNAS bersama Universitas Narotama Selenggarakan Workshop Penelitian Jurnal Internasional

Asesor II Prof. Amin Setyo Leksono, S.Si., M.Si., Ph.D. dalam kesempatannya menyampaikan masukkan-masukkannya kepada Magister Biologi. Terutama terkait dengan peningkatan mutu pembelajaran dalam aspek perbaikan penuntun praktikum, evaluasi capaian pembelajaran serta penyusunan portofolio untuk tiap-tiap matakuliah.

Sementara itu, Wakil Rektor Unas Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Prof. Dr. Suryono Efendi, S.E., M.B.A., M.M. menyampaikan terima kasih kepada tim asesor yang telah datang untuk melakukan asesmen lapangan terhadap Magister Biologi. Prof. Suryono berharap hubungan antara para asesor dan Unas dapat terus berlanjut dalam rangka berkolaborasi meningkatkan tata kelola dan kualitas Unas. (*DMS)

Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!