Antisipasi Penularan Covid-19 di Lingkungan Kampus, UNAS Kembali Lakukan Penyemprotan Disinfektan Tahap 2

Jakarta (UNAS) – Sebagai upaya pencegahan penyebaran covid-19, Universitas Nasional kembali melakukan sterilisasi lingkungan kampus dengan menyemprotkan cairan disinfektan. Kegiatan penyemprotan disinfektan dilakukan di lingkungan kampus sekolah pascasarjana menara 1 dan menara 2 dan Laboratorium Bambu Kuning Universitas Nasional.

Staff Biro Administrasi Umum (BAU) Rahmat Kurniady Universitas Nasional mengatakan hal ini sebagai langkah Universitas Nasional yang ingin mengurangi kontaminasi penyebaran virus corona atau covid-19. Yakni dengan membersihkan ruangan serta benda-benda yang sering tersentuh oleh mahasiswa serta staff Universitas Nasional.

“Hari ini, kita melakukan penyemprotan disinfektan di sekolah pascasarjana. Hal ini sebagai aksi kita dalam pencegahan virus covid-19,” ujar Kurniady.

Dalam kegiatan ini, tahapan persiapan yang dilakukan perlu dilakukan ialah mengosongkan ruangan atau kawasan yang akan disemprot. Karena penyemprotan disinfektan dilakukan saat kampus telah steril setiap kegiatan sehingga penyemprotan dapat dilakukan dengan mudah.

“Persiapan dalam penyemprotan juga diterapkan kepada petugas dengan memperhatikan standar operasional prosedur (SOP) perlindungan diri yaitu memakai masker, kacamata, dan sarung tangan. Selanjutnya setelah penyemprotan dilakukan penguapan alkohol yang menempel pada permukaan dan di tunggu sekitar tiga jam, kemudian baru bisa dibersihkan,” terangnya.

Dijelaskan, disinfektan merupakan bahan kimia yang digunakan untuk mencegah terjadinya infeksi atau pencemaran jasad renik seperti bakteri dan virus. Hal ini juga untuk membunuh atau menurunkan jumlah mikroorganisme atau kuman penyakit lainnya.

Kurniady pun berharap agar masyarakat kampus dan lingkungan kampus terbebas dari ancaman virus corona. “Kami berharap dengan upaya yang telah dilakukan oleh Universitas Nasional dapat memberikan keamanan atau proteksi kepada sivitas akademika sehingga terbebas dari virus covid-19,” tuturnya.

Sebelumnya, pada Minggu (22/03) telah dilakukan sterilisasi tahap satu dengan penyemprotan disinfektan di kampus pusat pejaten. Penyemprotan di lakukan di seluruh lingkungan kampus seperti ruang pimpinan Unas, Fakultas, Prodi, badan dan biro, UPT, ruang perkuliahan, selasar, dan area-area tempat umum. (*DMS)