Akademisi: Jadikan Pertemuan G20 Momentum Indonesia!

Jadikan Pertemuan G20 Momentum Indonesia!

Jakarta(Unas)- Presidensi G20 Indonesia tahun 2022 dinilai istimewa setelah kemampuan memanfaatkan posisinya untuk menaikan pengaruh politiknya di dunia dengan melakukan lawatan ekonomi dan perdamaian ke Ukraina dan Rusia di tengah perang keduanya yang masih berkecamuk. Demikian intisari Kuliah Umum berjudul “Refleksi Polugri Indonesia Era Presidensi G20” oleh Dr. Robi Nurhadi, dosen Hubungan Internasional FISIP Universitas Nasional pada Rabu, 13/7.

Dosen Magister Ilmu Politik Universitas Nasional itu juga menyoroti dampak lawatan tersebut terhadap menguatnya kepemimpinan Indonesia di kawasan Asia Tenggara. “Lawatan Indonesia ke Ukraina dan Rusia pada era Presidensi G20-nya menaikan posisi tawarnya, tidak hanya di Asia Tenggara tapi juga di dunia”, kata peraih PhD dari UKM Malaysia tersebut.

Namun Robi Nurhadi mewanti-wanti bahwa beberapa bulan menuju pertemuan G20 di Bali nanti, Indonesia berpotensi mendapatkan tekanan politik yang menantang posisi politik dan pengaruhnya tersebut. “Konsekuensi posisi Indonesia kini ya munculnya tekanan politik dalam beberapa bulan ke depan. Terutama dari luar. Kalau toh dari dalam negeri ada, mungkin lebih kuat kelompok proxy-nya! Kita hanya perlu menyadarinya agar mampu menanganinya”, ujar Robi. 

Peneliti senior Pusat Penelitian Pascasarjana UNAS tersebut berharap agar bangsa Indonesia menjadikan pertemuan G20 di Bali nanti sebagai momentum memaksimalkan upaya meraih kepentingan nasional Indonesia di pentas global. “Dorong terciptanya perdamaian Ukraina-Rusia pada pertemuan tersebut. Dapatkan solusi ekonomi global agar dunia keluar dari krisis energi, krisis pangan dan ekonomi tidak resesi. Ayo, ini momentum Indonesia!”, tambah Robi bersemangat. (*)

Baca Juga :   Buku Sistem Demokrasi Pancasila, Bukti Andil Para Akademisi dalam Merawat Pancasila
Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!