LAM-PTKes Visitasi Reakreditasi Program Studi D-IV Kebidanan

Jakarta (UNAS) – Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM-PTKesvisitasi reakreditasi program studi D-IV kebidanan pada Selasa dan Rabu (23-24/7). Tim Asesor yang didaulat oleh LAM-PTKes dalam proses akreditasi prodi D-IV kebidanan yaitu Anggrita Sari, M.Pd., M.Kes. dari Universitas Sari Mulia, Banjarmasin dan Desi Trisiani, SKM, M.Kes. dari STIKes Bhakti Kencana, Bandung.

Rangkaian acara dibuka dengan sambutan dari Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Keuangan, dan SDM Prof. Dr. Drs. Eko Sugiyanto, M.Si, Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Dr. Retno Widowati, M.Si. dan dilanjutkan dengan makan siang bersama di ruang seminar lantai tiga Menara UNAS. Setelah makan siang, asesor melakukan kunjungan ke unit-unit dan sarana pendukung yang dimiliki prodi D-IV kebidanan UNAS seperti Unit Penjaminan Mutu, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Perpustakaan, Ruang Perkuliahan, Laboratorium, dan Ruang Himpunan. Kegiatan ini berlangsung hingga malam hari.

Pada hari kedua, proses visitasi dilanjutkan kembali oleh asesor dengan melakukan Crosscheck terhadap isian borang  dengan bukti dukung yang disampaikan oleh prodi D-IV kebidanan kepada LAM-PTKes. Kedua asesor memaparkan borang yang telah diisi oleh prodi D-IV kebidanan dan menanyakan hal-hal yang perlu diklarifikasi terhadap bukti laporan di dalam borang. Sementara, Ketua prodi D-IV kebidanan Dewi Kurniati, SST., M.Keb beserta tim akreditasi menjawab pertanyaan yang diajukan dengan baik sekaligus menjawab langkah ke depan prodi D-IV kebidanan terkait proses pembelajaran dan penelitian.

Pada proses reakreditasi prodi kebidanan D-IV terdapat tujuh aspek yang dinilai oleh LAM-PTKes diantaranya pertama visi, misi, tujuan dan sasaran, serta strategi pencapaian; Kedua, tata pamong,  kepemimpinan, sistem pengelolaan, dan penjaminan mutu; Ketiga, Mahasiswa dan lulusan; Keempat, sumber daya manusia; Kelima, Kurikulum, pembelajaran, dan suasana akademik; Keenam, Pembiayaan, sarana dan prasarana, serta sistem informasi; Ketujuh, Penelitian,  pelayanan atau pengabdian kepada masyarakat, dan kerjasama.

Tim asesor juga, mengadakan pertemuan dengan dosen tetap maupun tidak tetap. Selanjutnya, asesor juga melakukan wawancara dengan mahasiswa dan alumni. Di akhir acara, dilaksanakan penandatanganan berita acara visitasi akreditasi antara asesor dengan Ketua Program Studi D-IV kebidanan yang nantinya berita acara tersebut akan di bawa ke LAM-PTKes untuk dijadikan pedoman penilaian akreditasi. (*DMS)