ABANAS – KICC Kenalkan Olahraga Korea Usia 400 tahun

JAKARTA (UNAS) – Guna memperkenalkan filosofi kesehatan masyarakat Korea dan budaya hidup sehat, Akademi Bahasa Asing Nasional (ABANAS) bekerjasama dengan Korea Indonesia Coorperation Centre (KICC) Universitas Nasional (UNAS) melangsungkan workshop dan praktik olahraga Korea, pada Jumat (7/12). Kegiatan ini dihadiri oleh dosen olahraga terbaik di Korea Selatan ialah Prof Won Young Shin dan Prof Kim Sue Yeon dari Younsei University, Korea. 

Ditemui usai acara, Penanggung Jawab KICC UNAS, Lim Kyeong Ae mengatakan, workshop ini dilakukan untuk melatih kesehatan mahasiswa Bahasa Korea UNAS sambil mempelajari filosofi olahraga tersebut. “Selain sehat, disini mahasiswa kita perkenalkan olahraga dari Korea yang sudah berjalan sejak 400 tahun lalu lamanya. Sehingga mereka nggak hanya tau gerakannya, tapi juga tau sejarahnya, tau alasannya mengapa harus olahraga,” ujarnya.

Olahraga ini, lanjutnya, mengajarkan mengenai bagaimana seseorang mengkombinasikan nafas, pikiran, perasaan, dan badan dalam berolahraga. Menurut Lim, inilah hal yang paling menonjol diantara perbedaan olahraga Korea dan Indonesia. Dalam olahraga Korea, fisik diutamakan namun semua aspek rohaniah dalam tubuh tetap berjalan. “Kalau semua aspek tersebut berjalan seimbang, maka hidup akan menjadi sehat,” ungkapnya.

Raissa Reihan, salah satu mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini menjelaskan bahwa ia diperkenalkan mengenai olahraga Korea dan mempraktikannya dengan cara yang menyenangkan, namun tetap mengutamakan aspek kesehatan. “Jadi badan kita aktif semua bergerak ngikutin musik olahraganya dan nggak bikin kita lupa juga sama gerakannya,” katanya.

Menurut Raissa, kegiatan ini juga bermanfaat untuk memperkenalkan budaya Korea lainnya yang belum terkenal di masyarakat. “Kita bisa share ke fakultas lain karena ini kan umum, bahwa budaya Korea nggak cuman k-pop, k-drama, tapi kita juga punya kegiatan lain yang seru dan bermanfaat buat kesehatan diri kita yaitu olahraga ini,” terangnya.

Sementara itu, Direktur ABANAS UNAS, Rura Adinda, menerangkan, kegiatan yang bertajuk ‘K-Health’ ini merupakan rangkaian program dari ABANAS yang baru terselenggarakan. Sebelumnya, ABANAS telah melaksanakan K-Culture, K-Sport, K-Food, dan K-Languages.

“Jadi mahasiswa ABANAS UNAS ini bisa belajar budaya Korea dari aspek mana saja. Misalnya k-culture tentang tata cara minum ala Korea, k-languages mahasiswa belajar di prodi, k-sport mahasiswa belajar taekwondo, dan k-food mereka belajar masak makanan Korea. Kalau K-Health ini yang paling baru,” imbuh Rura. Rura menambahkan, kegiatan ini merupakan agenda wajib bagi seluruh mahasiswa ABANAS UNAS dan akan berlangsung secara rutin tiap semesternya.(*NIS)