54 Calon Wisudawan FTS Diminta Terus Latih Soft Skill Selepas Lulus

Jakarta (Unas) – Pelepasan calon wisudawan/ti di tingkat fakultas adalah tradisi yang rutin dilaksanakan setiap periode wisuda. Begitu pun dengan Fakultas Teknik dan Sains Universitas Nasional (FTS Unas). Pada periode kali ini, acara pelepasan calon wisudawan dilaksanakan pada tanggal 31 Mei 2023, di Ruang Seminar Selasar Lt. 3 Unas. Acara dihadiri oleh Dekan Fakultas Teknik dan Sains, pejabat struktural di lingkungan Fakultas Teknik dan Sains, dosen, tenaga kependidikan, calon wisudawan beserta fungsionaris organisasi mahasiswa Fakultas Teknik dan Sains.

Acara dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Unas, dilanjutkan laporan oleh Ketua Pelaksana Ahmad Zayadi, S.T., M.T. Dalam sambutannya Zayadi menyampaikan ucapan selamat kepada  calon wisudawan yang telah berhasil menyelesaikan studinya di Fakultas Teknik dan Sains Unas.

Dekan Fakultas Teknik dan Sains, Novi Azman, S.T., M.T., Ph.D. saat memberikan wejangan kepada lulusan FTS di acara Yudisium.

Setelah sambutan Ketua Pelaksana, acara dilanjutkan dengan sambutan Dekan Fakultas Teknik dan Sains“Sudah menjadi dinamika dalam kehidupan ini, ada pertemuan dan juga perpisahan. Pagi hari ini adalah pagi yang sangat bersejarah bagi para calon wisudawan, karena pagi ini adalah pagi terakhir anda secara formal berstatus sebagai mahasiswa FTS dan pagi ini kami lepas statusnya menjadi Alumni Fakultas Teknik dan Sains Universitas Nasional,” katanya.

Ia menambahkan, selama mengikuti proses pembelajaran di FTS banyak bekal yang telah calon wisudawan dapatkan. Ia berharap, bekal yang sudah didapat membantu calon wisudawan dalam memasuki dunia kerja nantinya. “Setelah anda besok secara resmi diwisuda dan berhak menyandang gelar sarjana, maka banyak tantangan ke depan yang harus Anda taklukan. Saya berpesan, jaga nama baik Fakultas Teknik dan Sains Universitas Nasional, terapkan nilai-nilai luhur Kebudayaan sebisa mungkin berikan prestasi dan buat kami bangga,” ujarnya.

Baca Juga :   Serah Terima Surat Keputusan Pengangkatan Guru Besar Prof. Dr. Arrisman, S.H., M.H.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Novi mengajak kepada calon wisudawan untuk tetap menjaga tali silaturahmi dan ikut menjadi bagian dari Ikatan Alumni FTS.

Di periode April ini, Fakultas Teknik meluluskan total 54 orang. Dari program studi Teknik mesin 19 orang, program studi Teknik Elektro 23 orang, program studi Teknik Fisika 9 orang dan program studi Fisika 3 orang. Wisudawan Terbaik program studi Teknik Mesin adalah Anwar Ariandi dengan IPK 3,33, Wisudawan Terbaik program studi Teknik Elektro adalah Sultan Firdaus Brajasakti dengan IPK 3,54, Wisudawan Terbaik program studi Teknik Fisika Aditya Mulyana dengan IPK 3,84, dan Wisudawan Terbaik program studi Fisika Dwi Inayati Faizah dengan IPK 3,60.

Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Suryono Efendi, S.E., M.B.A., M.M. saat memberikan sambutan diacara yudisim FTS.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Suryono Efendi, S.E., M.B.A., M.M. mengatakan bahwa dalam memasuki dunia kerja dibutuhkan soft skill yang baik. Menurutnya, kemampuan soft skill yang baik dapat membantu calon wisudawan dalam berkarir kedepannya.

“Didalam dunia kerja ternyata hard skill saja tidak cukup saat memasuki dunia kerja. Ternyata di dunia kerja itu perlu ada soft skill yang mungkin belum pernah anda dapatkan,” kata Suryono.

“Didalam dunia kerja soft skill tidak boleh diabaikan karena itu menjadi utama contohnya bagaimana leader anda bagaimana komunikasi anda bagaimana kemampuan negosiasi termasuk problem solving dan team work,” tambahnya.

Oleh karena itu, Suryono mendorong calon wisudawan setelah di wisuda nantinya agar terus mengasah kemampuan soft skill nya dan kemampuan beradaptasi mengingat perubahan yang terjadi begitu cepat. “Apalagi dengan perubahan yang saat ini sangat cepat sekali sehingga adaptasi kemampuan sangat penting. Ini tidak diajarkan di dalam hard skill tapi ada di soft skill,” jelas Suryono.

Baca Juga :   Balon Terbang Google

Lebih lanjut, Suryono juga mengajak kepada calon wisudawan untuk tergabung dalam ikatan alumni Universitas Nasional. Dimana ikatan tersebut merupakan wadah untuk berkomunikasi dengan pihak kampus dan juga para alumni yang lain.

Diakhir sambutannya, Ia juga menyampaikan selamat kepada para calon wisudawan/ti yang telah berhasil menyelesaikan masa pendidikannya di Fakultas Teknik dan Sains Unas.

Adapun calon wisudawan juga mendapatkan pembekalan dari Pembicara Dr. (C) Didi Iskandar Aulia, S.H., M.M., IIArb. (*DMS)

Berita Terbaru
Berita

Pernyataan Sikap Pimpinan UNAS

HUBUNGAN MASYARAKAT UNIVERSITAS NASIONAL Jl. Sawo Manila No. 61, Pejaten Pasar Minggu Jakarta Selatan 12520   Siaran Pers                    No.040/MPR/SP/IV/2024   Menyikapi

Read More »

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!