1859 Mahasiswa Baru Program Sarjana UNAS Ikuti Pengenalan Lingkungan dan Budaya Akademik

Jakarta (Unas) – Universitas Nasional (Unas) melaksanakan kegiatan Pengenalan Lingkungan dan Budaya Akademik (PLBA) bagi mahasiswa baru program sarjana pada Kamis, (21/9) di Gedung Auditorium Unas. Kegiatan ini diikuti oleh 1859 mahasiswa baru yang diterima pada Semester Ganjil Tahun Akademik 2023/2024.

Kegiatan PLBA dilaksanakan selama tiga hari. Pada hari pertama dan kedua yaitu PLBA ditingkat Universitas dan hari ketiga ditingkat Fakultas. Adapun PLBA hari pertama diikuti oleh mahasiswa baru dari lima fakultas yaitu Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Bahasa dan Sastra, Fakultas Hukum, Fakultas Teknik dan Sains serta Fakultas Biologi dan Pertanian.

Sedangkan, pada hari kedua, diikuti oleh mahasiswa baru dari tiga fakultas, yaitu Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika serta Fakultas Ilmu Kesehatan.

“Kegiatan PLBA bagi mahasiswa baru Universitas Nasional semester ganjil tahun akademik 2023/2024 ini diikuti oleh 1859 mahasiwa baru program sarjana (S1). Dengan rincian pada hari ini diikuti oleh 982 orang mahasiswa/i dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Bahasa dan Sastra, Fakultas Hukum, Fakultas Teknik dan Sains serta Fakultas Biologi dan Pertanian. Dan pada hari Jum’at akan diikuti oleh 877 orang mahasiswa/i dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika serta Fakultas Ilmu Kesehatan,” kata Ketua Panitia yang juga Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Unas Prof. Dr. Suryono Efendi, S.E., M.B.A., M.M. saat menyampaikan laporan kegitan PLBA.

Pada kesempatan ini, Ia mengajak kepada mahasiswa baru untuk terus membentuk karakter dan perilaku serta kepribadian yang baik, tangguh penuh dengan inovasi dan kreativitas. “Marilah kita perbaiki bahkan kita rubah mindset kita untuk membentuk karakter dan perilaku serta kepribadian yang baik, tangguh penuh dengan inovasi dan kreativitas yang akan membawa kesuksesan di masa yang akan datang baik selama anda berada di UNAS maupun setelah anda lulus,” ujarnya.

Baca Juga :   Majukan Kualitas Pembelajaran, BAA Adakan Pembelajaran Berbasis Project

Ada empat materi yang disampaikan pada kegiatan PLBA diantaranya (1) Tri Dharma Perguruan Tinggi: Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, (2) Ke-Unas-an, dan Kemahasiswaan, (3) Membangun Wawasan Kebangsaan dan Menangkal Radikalisme, (4) serta Bahaya Narkotika dan Peran Mahasiswa Dalam Pencegahan.

Rektor Unas Dr. El Amry Bermawi Putera, M.A.,menyampaikan selamat datang dan selamat bergabung kepada mahasiswa baru dan berterima kasih atas kepercayaannya yang telah memilih Unas untuk melanjutkan pendidikannya.

Dalam sambutannya, Rektor Unas Dr. El Amry Bermawi Putera, M.A. turut menyampaikan selamat datang dan selamat bergabung kepada mahasiswa baru dan berterima kasih atas kepercayaannya yang telah memilih Unas untuk melanjutkan pendidikannya.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada orang tua/wali yang telah memberikan kepercayaan kepada Universitas Nasional sebagai tempat menimba ilmu pendidikan tinggi bagi putra putrinya, harapannya semua mahasiswa baru dapat segera menyesuaikan diri dengan suasana akademik di Unas yang kondusif sehingga dapat memperlancar proses pendidikan/pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat,” ucap El Amry pada pembukaan kegiatan PLBA.

El Amry juga mengatakan bahwa kegiatan PLBA bertujuan untuk menumbuhkan motivasi, kebanggaan terhadap almamater dan semangat belajar, serta meningkatkan kedisiplinan, kesadaran diri dan tanggung jawab sebagai mahasiswa Unas.

Ia melanjutkan bahwa memasuki dunia Perguruan Tinggi, mahasiswa baru perlu banyak melakukan berbagai penyesuaian. Menurutnya, penyesuaian tersebut dimulai kemandirian misalnya dalam membuat perencanaan studi dan terus mengasah potensi, bakat dan talenta dengan fokus pada pengembangan Tri Dharma perguruan tinggi.

Rektor Unas juga menyampaikan bahwa pada semester ganjil tahun Akademik 2023/2024, Unas telah memberikan beasiswa kepada 83 mahasiswa baru dan 826 beasiswa kepada mahasiswa aktif. Diharapkan, katanya, dengan pemberian beasiswa ini dapat menjadi motivasi sekaligus peluang bagi mahasiswa-mahasiswi lainnya, untuk lebih giat belajar dan fokus pada tri dharma perguruan tinggi.

“Oleh karena itu, kami berpesan kepada semua mahasiswa baru untuk lebih giat dan fokus belajar agar mendapatkan nilai akademik yang memuaskan sehingga dapat membanggakan bagi kedua orang tua, serta menjadi harapan masyarakat, bangsa, dan negara,” ungkapnya. (*DMS)

Baca Juga :   UNAS Perkuat Kerjasama Dengan BAZNAS Program Beasiswa Cendekia
Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!