Tips Memelihara Agar Gigi Tetap Sehat dan Kuat

JAKARTA – Gigi adalah alat yang digunakan untuk mengolah makanan saat kita makan. Dengan adanya gigi, kita dapat mengigit, memotong, mengunyah, sobek, dan menghaluskan makanan yang kita makan. Proses dan cara kerja yang dilakukan gigi dinamakan mencerna makanan secara mekanik. Gigi berfungsi untuk mengunyah makanan menjadi halus. Hal ini sangat membantu kinerja enzim untuk mencerna makanan secara cepat dan efisien. Tapi tahukah anda kalau struktur bagian gigi bisa dengan mudah rusak dan hancur diakibatkan dengan pola makan yanag tidak teratur. Nah pada artikel kali ini sobat Unas akan diberikan pengetahuan mengenai beberapa makanan yang bisa merusak gigi. Seperti dikutip halaman Womanitely, Kamis ( 23/3) berikut ini beberapa makanan yang tidak baik untuk kesehatan gigi dan gusi kita.

1. Soda

Soda, minuman yang bisa memiliki banyak rasa seperti buah-buahan. Namun sayangnya manis yang terkandung ini merupakan bukan berasal dari bahan alami. Karena pemanis buatan ini, soda dianggap bisa merusak gigi Anda. Bahkan, minuman ini bisa menggagalkan diet Anda.

2. Alkohol

Alkohol tidak hanya berbahaya untuk hati tapi kesehatan gigi dan gusi juga. Bahan ini bisa membuat Anda merasa dehidrasi yang berarti mulut juga terasa kering akibat berkurangnya produksi air liur. Hal ini dinilai mampu membuat gigi rusak dan lebih parah lagi bisa menyebabkan infeksi pada gusi. Bahkan, alkohol dianggap menjadi salah satu penyebab kanker mulut.

3. Permen Manis

Mengkonsumsi permen manis tidak selalu menjadi hal buruk jika dikonsumsi benar. Namun apabila makan terlalu banyak, ini jelas sangat berbahaya bagi kesehatan gigi. Apalagi mengkonsumsi permen yang memiliki kandungan gula yang tinggi. Untuk menghindari efek itu, disarankan agar bisa mengunyah permen karet yang membawa segel ADA.

4. Makan Cepat Saji

Orang yang sering mengkonsumsi makanan cepat saji memiliki peluang besar untuk mengalami masalah gigi seperti kerusakan gigi. Hal ini karena sebagian besar makanan dan minuman yang disajikan di makanan cepat saji mengandung bahan pengawet dan perasa makanan. Bahan-bahan ini jelas tidak baik untuk gigi.
5. Minuman Berkarbonat

Minuman ringan berkarbonat memiliki kandungan yang lebih tinggi dari gula. Minuman ini juga mengandung asam sitrat dan asam fosfat yang berbahaya bagi gigi. Hal inilah mengapa anak-anak tidak diizinkan mengkonsumsi minuman ringan.

6. Berries

Buah-buahan seperti  blueberry ternyata dapat menodai gigi  dan menyerap enamel. Hal ini karena antosianin yang berasal dari warna biru buah. Tapi tidak ada yang perlu dikhawatirkan karena terlepas dari warna pewarnaan nya, blueberry mengandung polifenol. Kandungan ini dianggap dapat menghambat bakteri merusak gigi, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kesehatan gigi Anda.

Nah sobat Unas sekarang sudah tahu kan makanan apa saja yang harus dihindari agar gigi kita tetap bersih, sehat dan terawat. So Lets be more healthy