Seminar Internasional Nurses Day Bahas UU Keperawatan

Jakarta [UNAS] – Dalam rangka memperingati Hari Keperawatan Internasional Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) Universitas Nasional (UNAS) mengadakan Seminar Internasional Nurses Day Sabtu, (14/5). Acara ini bertema ‘Realisasi Praktik Perawat Pasca Ditetapkannya Undang-Undang Keperawatan’ yang dilaksanakan di Ruang Aula Universitas Nasional.

Seminar ini mengundang Ns. Jajang Rahmat S.Kep., M.Kep., Ketua DPW PPNI (Persatuan Perawat Nasional Indonesia) DKI Jakarta dan Sekjen. IPKKI (Ikatan Perawat Kesehatan Komunitas Indonesia) dengan materi ‘Tatanan dan Realisasi Praktik Mandiri Keperawatan’ dan DR. Rosmawaty Lubis, M.Kes. Dekan FIKES UNAS dengan materinya ‘Regulasi Praktik Perawat berdasarkan UU keperawatan’ sebagai narasumber.

Dr. Rosmawaty Lubis menjelaskan bahwa sudah cukup lama perawat Indonesia menanti undang-undang keperawatan. “Tentu kita sangat ingat dan merasakan bersama UUD ini di DPR. Lebih dari tiga periode pemerintahan, UUD mengenai keperawatan belum disahkan. Jika biasanya setiap tahun para perawat melakukan aksi di Nurses day, hari ini tidak terlihat aksi seperti itu lagi,” ujar Dekan FIKES.

Rosmawaty Lubis mengajak perawat indonesia untuk mengambil langkah bersama serta berkomitmen dalam UUD Keperawatan yang telah disahkan yaitu UU No 38 Tahun 2014 Tentang Keperawatan. Salah satunya melalui praktik keperawatan yang sudah bisa dilakukan oleh perawat Indonesia.