LPPM UNAS : Lakukan Sosialisasi Aplikasi SINTA Penelitian Dosen

JAKARTA (UNAS) – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Nasional melaksanakan sosialisasi penggunaan aplikasi SINTA ( Science And Tecnology Index), portal yang di peruntukan untuk menilai kinerja peneliti, penulis, kinerja jurnal dan publikasi lainnya. Sosialisasi SINTA tersebut diharapkan dapat meningkatkan kinerja para peneliti/penulis dilingkungan Universitas Nasional.

Kemenristekdikti mengungkapkan dengan adanya SINTA ini dapat mengurangi ketergantungan terhadap sistem publikasi luar dan SINTA dapat lebih meningkatkan publikasi jurnal atau publikasi lainnya. Sosialisasi tersebut disampaikan oleh Deputi IPATEK  Dr. Tatang Mitra Setia merupakan perwakilan dari LPPM UNAS, Tatang mengajak agar semua penulis dan peneliti dilingkungan UNAS lebih dapat meningkatkan kinerja penelitian dan publikasi demi meningkatkan nama Universitas Nasional diluar sana.

Sosialisasi ini dihadiri oleh 83 tim peneliti dan 48 tim pengabdian kepada masyarakat UNAS, dengan begitu banyaknya tim tersebut dapat meningkatkan publikasi  nasional maupun internasional. Selain itu LPPM UNAS melakukan penandatanganan kontrak penelitian dan pengabdian masyarakat, artinya semua peneliti sudah memahami kewajibannya dalam publikasi. Kontrak tersebut pula menjelaskan para peneliti dan pengabdian masyarakat tersebut sesuai dengan bidang ilmunya masing-masing sehinggga dapat lebih maksimal dalam kinerja penelitian maupun pengabdian kepada masyrakat.

“Universitas Nasional harus meningkatkan nilai index kinerja penelitian dan publikasi jurnal salah satu cara nya dengan menggunakan aplikasi SINTA ini, selain itu pendaftaran SINTA akan dibantu oleh LPPM UNAS agar lebih seragam dan dapat meningkatkan nama UNAS. Publikasi jurnal maupun karya tulis akan disitasi oleh aplikasi SINTA tersebut untuk mengetahui berapa banyak publikasi yang sudah dilakukan, namun yang lebih penting ialah jurnal tersebut dapat disitasi oleh peneliti lain”, ujarnya di Ruang Seminar Blok 1 Universitas Nasional, Kamis (16/3).

Lanjutnya, secara otomatis apabila publikasi jurnal tersebut di publikasi dalam aplikasi SINTA dan banyaknya yang mengsitasi Jurnal tersebut maka nilai penulis dan lembaga pun akan naik dalam penilaian Kemenristekdikti.