Banjir Hoaks Corona, Ahli Bicara Motif Politik hingga Sosial

Jakarta, CNN Indonesia — Kementerian Komunikasi & Informatika (Kemenkominfo) telah mencatat 196 hoaks dan misinformasi terkait virus corona SARS-CoV-2 sejak Januari 2020. Tiap minggunya Kemenkominfo mencatat penmbahan puluhan hoaks baru yang berkaitan dengan corona.

Terbaru, hoaks menyebutkan pemeran utama film Harry Potter yaitu Daniel Radcliffe dan aktor lawas asal China, Jackie Chan positif terjangkit virus corona.

Hoaks tersebut menambah jumlah beberapa berita hoaks unik, mulai dari umat muslim kebal corona, corona disebut dalam ayat Al Quran, warga China berbondong-bondong menjadi umat muslim demi terhindar dari virus corona SARS-COV-2, hingga vodka bisa digunakan untuk campuran disinfektan.

Pengamat TIK dari CISSRec Pratama Persadha menjelaskan maraknya hoaks ini disebabkan oleh para buzzer (pendengung) yang bertujuan untuk menimbulkan kepanikan di Indonesia. Ujungnya, Pratama menduga ada unsur politis dalam merebaknya hoaks corona ini.

“Pembuat hoaks membuat keresahan di masyarakat. Ujung-ujungnya bisa jadi tujuannya politis. Agar rakyat menganggap pemerintah tidak mampu melindungi rakyatnya,” ujar Pratama saat dihubungi CNNIndonesia.com, Kamis (12/3).

 

Selengkapnya