Apa itu Konsep Presisi yang Digagas Calon Kapolri Listyo Sigit?

tirto.id – Komisi III DPR RI sudah setuju Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo menjadi Kapolri baru untuk menggantikan posisi Idham Azis yang pensiun. Artinya, tinggal selangkah lagi Komjen Listyo akan resmi menjadi orang nomor satu di Korps Bhayangkara. Tinggal dilantik oleh Presiden Jokowi saja.

DPR pun sudah menyampaikan surat kepada Presiden Jokowi melalui Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno. Surat itu berisi pemberhentian dengan hormat Jenderal Polisi Idham Azis dan setuju mengangkat Komjen Polisi Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri.

“Surat persetujuan Kapolri sudah disampaikan kepada Presiden Jokowi melalui Mensesneg, surat nomor PW/00958/DPR/1 tahun 2021,” kata Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar seperti diwartakan Antara.

Indra menegaskan, Listyo Sigit akan dilantik menjadi Kapolri sebelum tanggal 30 Januari 2021. Sebab, kata dia, tanggal 30 Januari adalah masa berakhirnya jabatan Idham Azis.

“Surat persetujuan sudah disampaikan DPR dan pasti pelantikan (Listyo Sigit) akan dilakukan sebelum tanggal 30 Januari sesuai dengan batas pensiun Kapolri,” ujarnya.

Selengkapnya