Minat Investasi di Perusahaan Teknologi? Simak Prospeknya

Liputan6.com, Jakarta – Indonesia disebut sebagai rumah bagi banyak perusahaan teknologi. Bahkan terbesar di Asia Tenggara dengan sekitar 27 startup centaurs dan enam startup unicorn.

Dalam paparannya, Managing Director Mandiri Sekuritas, Silva Halim menerangkan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bahkan kini mampu mengungguli indeks LQ45.

“Itu karena investor mulai masuk ke sektor teknologi. Jadi kalau dilihat 2 bulan terakhir ada euforia di sektor teknologi yang tadinya 0,9 persen jadi 3,4 persen, belum termasuk digital bank,” ujar dia dalam diskusi virtual, ditulis Jumat (16/7/2021).

Mengingat Indonesia punya populasi yang besar lebih dari 270 juta dengan bonus demografinya, Silva menilai peluang ekonomi digital Indonesia berpotensi besar. Pandemi COVID-19 membuka potensi pertumbuhannya, ditandai dengan meningkatnya kepercayaan konsumen dalam penggunaan teknologi digital.

“Estimasi Google, Temasek, dan Bain memperkirakan ekonomi digital Indonesia akan capai USD 124 miliar atau naik hampir 3 kali lipat dalam lima tahun terakhir dibandingkan sekarang di USD 44 miliar,” jelas dia.

Rinciannya, untuk sektor e-commerce diperkirakan mencapai USD 83 miliar, transportasi dan makanan USD 16 miliar, online travel USD 15 miliar, dan online media USD 10 miliar.

Di Indonesia, akses internet kini tak lagi jadi masalah. Hal itu terlihat dari penetrasi internet yang sudah mencapai 64,1 persen, penetrasi smartphone 70,1 persen, dan penetrasi media sosial seperti facebook dan instagram masing-masing 51,2 persen dan 28,2 persen. Serta pengguna e-commerce yang sudah mencapai setengah dari populasi Indonesia atau sekitar 50,5 persen.

“Ini menunjukkan peluang besar di Indonesia untuk e commerce dan fintek. E-commerce dan fintek adalah dua bidang utama yang memiliki peluang besar di Indonesia dan pasar yang besar,” kata dia.

Adapun peluang di fintech (financial technology) karena sebagian besar populasi di Indonesia adalah un-bank dan under-bank.

Baca Juga :   Fakta-fakta Larangan Mudik, Diterapkan 24 April hingga Tak Boleh Keluar Zona Merah

Selanjutnya

Berita Terbaru
Berita

Pernyataan Sikap Pimpinan UNAS

HUBUNGAN MASYARAKAT UNIVERSITAS NASIONAL Jl. Sawo Manila No. 61, Pejaten Pasar Minggu Jakarta Selatan 12520   Siaran Pers                    No.040/MPR/SP/IV/2024   Menyikapi

Read More »

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!