Jokowi Subsidi 2,5 Juta Warga DKI yang Terdampak Virus Corona

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengambil langkah dengan memberikan subsidi kepada 2,5 juta wagra DKI Jakarta yang terdampak dari penyebaran corona. Dalam hal ini, pemerintah pusat akan menyiapkan  instrument jarring pengaman sosial bagi jutaan warga Ibu Kota tersebut.

“Saya melihat bantuan perlindungan sosial, stimulus ekonomi akan sangat membantu sekali terutama di ibu kota,” ucap Jokowi dalam video conference sebagaimana dikutip dari CNN Indonesia, Kamis (2/4).

Jokowi mengaku mendapatkan laporan dari Gubernur DKI Jakarta, Anies Bahwedan yang mengatakan ada 3,6 juta penduduk Jakarta yang perlu dengan bantuan pemerintah. Namun, terkait hal ini pemerintah provinsi DKI Jakarta telah memberikan subsidi kepada 1,1 juta orang. “Saya kira Gubernur DKI Jakarta angkanya kemarin 3,6 juta yang perlu dimasukkan dalam program social safety net, tapi DKI sudah berikan untuk 1,1 juta artinya tinggal 2,5 juta yang perlu dieksekusi,” jelas presiden.

Sementara itu, ia juga mengungkapkan bahwa dana desa dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2020 dapat digunakan untuk program jaring pengaman sosial. Terkhusus untuk bantuan sosial kepada masyarakat yang berada di desa.

Pada sebelumnya, Jokowi mengatakan adanya sejumlah masyarakat yang telah memutuskan untuk mudik lebih awal lantaran penghasilannya menurun drastis beberapa waktu terakhir akibat dari corona. “Mayoritas penghasilan pekerja informal di Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi (Jabodetabek) menurun drastis atau bahkan minus,” tambahnya.

Situasi ini terjadi karena ada kebijakan tanggap darurat dari pemerintah, sehingga sejumlah perusahaan menerapkan bekerja dari rumah (work from home) dan lembaga pendidikan menerapkan sekolah dari rumah (school from home). “Saya lihat arus mudik dipercepat bukan karena faktor budaya tapi terpaksa, banyak pekerja informal di Jabodetabek terpaksa pulang kampung karena penghasilannya menurun,” ucap Jokowi.

Baca Juga :   Skenario Terburuk Dampak Corona, Ekonomi Indonesia menurun 0,4 Persen

Menanggapi situasi ini, Jokowi pun memerintahkan seluruh jajarannya untuk mempercepat impmenetasi intensif untuk pekerja di sector informal. Insentif yang diberikan berupa bantuan sosial seperti kartu pekerja atau kartu sembako.

Selengkapnya : https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20200331151302-532-488738/jokowi-subsidi-25-juta-warga-dki-yang-terdampak-virus-corona

 

Berita Terbaru
Berita

Pernyataan Sikap Pimpinan UNAS

HUBUNGAN MASYARAKAT UNIVERSITAS NASIONAL Jl. Sawo Manila No. 61, Pejaten Pasar Minggu Jakarta Selatan 12520   Siaran Pers                    No.040/MPR/SP/IV/2024   Menyikapi

Read More »

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!