Film Indonesia Berpeluang Dibiayai Investor Eropa

JAKARTA – Pemerintah melalui Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) menargetkan lebih banyak gagasan film karya sineas nasional yang bisa terealisasi menggunakan co-production berskala global. Skema ini dijalankan melalui usaha patungan di antara dua atau lebih rumah produksi film.

 

Selama lima tahun terakhir, baru satu film karya sineas nasional yang menembus Berlinale Co-Production Market dalam European Film Market 2019. Film ini berjudul “Autobiography” besutan produser Yulia Evina Bhara dan sutradara Makbul Mubarak.

Joshua P.M. Simandjuntak selaku Deputi Pemasaran Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menyatakan, “Autobiography” lebih dulu lolos ke Torino Film Lab (TFL) di Turin, Italia pada 2017. Kegiatan ini fokus memfasilitasi sineas untuk memperkaya pemahaman dan keterampilan di bidang perfilman.

“Kami kirim dua film setiap tahun ke TFL untuk menambah ilmu agar sineasnya lebih berkualitas. Semoga pada 2020, kita bisa nikmati lengkap ini (“Autobiography”) lengkap,” tuturnya di sela pemaparan jelang penayangan “Aruna dan Lidahnya” dalam festival film Jerman, di Jakarta, Rabu (6/2).

 

Sumber