Cukai Tembakau tak Naik, Pertumbuhan Ekonomi Jatim akan di Atas Ekonomi Nasional

JAKARTA -Ekonomi Jatim diperkirakan tetap tumbuh di atas ekonomi nasional di 2019, yang antara lain dipicu tidak naiknya tarif cukai Industri Hasil Tembakau (IHT).

Pertumbuhan ekonomi Jatim pada periode ini didorong oleh peningkatan kinerja Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) dan ekspor luar luar negeri di sisi permintaan serta kinerja industri pengolahan di sisi sektoral. Peningkatan PMTB seiring masoih berlanjutnya pembangunan infrastruktur.

Kepala Divisi Advisory Ekonomi dan Keuangan Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Jawa Timur, Taufik Saleh mengatakan Jawa Timur berkontribusi signifikan terhadap Produk Domiestik Bruto(PDB) Nasional dengan pangsa mencapai 14,85%. Sektor utama pendorong kinerja ekonomi Jawa Timur adalah industri pengolahan, perdagangan, dan pertanian dengan kontribusi industri utama yakni makanan dan minuman (mamin), tembakau, dan kimia.

“Karena itulah, pertumbuhan ekonomi Jatim tetap bisa lebih tinggi dari nasional di 2019 karena tembakau salah satu penyhumbang kinerja ekonomi di wilayah ini,” katanya pada Pelatihan Wartawan Ekonomi di Probolinggo, Rabu (30/1/2019).

 

Sumber

Baca Juga :   Kebijakan Ganjil Genap Juga Akan Berlaku di Luar Jakarta
Berita Terbaru
Berita

Pernyataan Sikap Pimpinan UNAS

HUBUNGAN MASYARAKAT UNIVERSITAS NASIONAL Jl. Sawo Manila No. 61, Pejaten Pasar Minggu Jakarta Selatan 12520   Siaran Pers                    No.040/MPR/SP/IV/2024   Menyikapi

Read More »

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!