Yudisium Fakultas Ekonomi Hadirkan Ketua KPU RI

JAKARTA – Fakultas Ekonomi Kembali melaksanakan pelepasan calon wisudawan dan wisudawati atau yang dikenal dengan yudisium semester ganjil tahun akademik 2017/2018, yang berlangsung pada Rabu (28/2) di Aula Blok 1 Lantai IV Universitas Nasional (UNAS). Mengemban tema “Menjadikan Lulusan Fakultas Ekonomi Berintegritas, Berkarakter, dan Profesional”, acara ini menghadirkan Ketua Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI), Arief Budiman, SS., SIP.,MBA. sebagai narasumber.

Dalam paparanmnya, Arief mengatakan bahwa penting bagi para lulusan untuk dapat membangun karakter menjadi orang sukses, karena orang sukses tidak dibangun dan dibentuk secara tiba-tiba. “Orang yang akan sukses biasanya sudah terlihat dari kecil, karakter orangnya disiplin, tepat waktu, belajarnya rajin, pekerja keras, dan selalu melahirkan inovasi-inovasi,” imbuhnya.

Yang terpenting, lanjutnya, adalah profesional. Profesional menurutnya merupakan memahami betul apa yang nanti akan dikerjakan. Seperti di Fakultas Ekonomi ketika sudah lulus tidak jauh dari ingin jadi pengusaha, jadi ahli auditor, semua itu perlu karakter yang profesional baik untuk dirinya sendiri maupun untuk tim.

“Selain profesional, para lulusan juga harus berintegritas, seperti mematuhi segala aturan-aturan, tahu mana benar dan mana yang salah. Nah integritas inilah yang menjadi kunci dari seluruh inovasi. Anda akan memasuki dunia kerja yang nyata dan banyak hal yang harus anda jaga yaitu diri sendiri dan keluarga, anda akan berkompetisi dengan orang lain,” tuturnya.

Dalam akhir paparannya, Arief mengingatkan bahwa para lulusan harus tetap mengupgrade skill mereka supaya dapat berkompetisi secara profesional. Ia berharap, setelah yudisium berlangsung para lulusan sudah mempunyai bayangan apa yang akan dilakukan selanjutnya.

Dalam sambutanya, Dekan Fakultas Ekonomi, Dr. Suryono Effendi, SE., MM. Mengatakan bahwa terdapat 112 lulusan sarjana ekonomi para periode ganjil 2017/2018, yang terdiri dari 79 lulusan program studi manajemen, dan 43 lulusan program studi akuntansi. “Saya sangat bangga para lulusan berhasil dan banyak yang mendapatkan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) diatas 3,0. Mudah-mudahan ini dapat membawa hal yang baik,” kata dia.

Dalam akhir sambutannya, Suryono memaparkan bahwa para lulusan selain mendapatkan ijazah mereka juga mendapatkan Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) berupa dokumen yang berisi bukti-bukti keaktifan para lulusan selama belajar di Fakultas Ekonomi. Menurutnya, SKPI penting karena dapat dijadikan bekal para lulusan untuk melamar pekerjaan.

Ia berharap, para lulusan dapat melewati semua tantangan yang hadir, optimisme, semangat pantang menyerah, dan memgharumkan nama baik almamater dengan kepemimpinan kreatifitas, kerjakeras, namun tetap berdasarkan integritas berkatakter dan profesional. “Jadilah kelompok perubahan untuk kehidupan keluargha bangsa dan negara,” tandasnya.

Ditemui usai kegiatan, salah satu lulusan terbaik dari program studi Akuntansi, Dian Lestari memberikan tips nya agar dapat lulus dengan menyandang predikat cumlaude. “Yang terpenting sih disiplin aja, trus belajar yang rajin jangan males-malesan, ikutin semua peraturan UNAS, aktif di dalam kelas, dan pertahankan nilai-nilai bagus yang sudah dirahih,” katanya.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Dr. Zainul Djumadin, M.Si., Wakil Dekan Fakultas Ekonomi,  Herry Krisnandi, S.E.,MM. serta para dosen dari lingkup Fakultas Ekonomi.(*NIS)