Workshop IoT FTKI, Kenalkan Fuzzy Logic Pada Mahasiswa Tingkat Akhir

Jakarta (UNAS) – Fakultas Teknik Komunikasi dan Informatika mengadakan workshop IoT pada mahasiswa semester akhir. Kegiatan Workshop bertemakan “Fuzzy Logic on Internet of Things Temperature Condition” diadakan pada Rabu (16/11) bersama narasumber Project Manager PT. Integrasia Utama Djarot Hindarto, S.Kom. M.Kom.

Dalam materinya Djarot Hindarto, S.Kom. M.Kom., mengatakan bahwa perkembangan IoT di Indonesia tergolong masif dalam perkembangannya. “Internet of Things atau IoT mulai marak dipergunakan di Indonesia tahun 2018, dengan kata lain, Indonesia masih masif dalam penyebaran IoT termasuk didalamnya adalah Fuzzy Logic”, ujarnya.

Project Manager PT. Integrasia Utama Djarot Hindarto, S.Kom. M.Kom., saat memaparkan materi workshop kepada mahasiswa aktif FTKI Unas.

Ia melanjutkan, Pada tatanan era 5.0, penggunaan Fuzzy Logic akan membantu manusia dalam melakukan pekerjaan. “Karena Fuzzy Logic dapat mengatasi hal yang tidak pasti pada masalah – masalah yang mempunyai banyak jawaban dalam jaringan Internet of Things, penalaran Fuzzy Logic menyediakan cara untuk memahami kinerja sistem dengan cara menilai input dan output system dari hasil pengamatan”, pungkasnya.

Selain memberikan materi, Ia juga memberikan pelatihan berupa penyusunan hardware Fuzzy Logic yang dapat digunakan dalam bidang teori kontrol, teori keputusan, dan beberapa bagian dalam manajemen sains, pada kasus kali ini adalah Kontrol Temperatur pada benda elektronik yang terhubung dengan IoT.

Logika fuzzy atau dalam istilah bahasa inggris disebut fuzzy logic merupakan bentuk logika bernilai banyak yang memiliki nilai kebenaran variabel dalam bilangan real antara 0 dan 1,logika fuzzy dalam sistem kecerdasan buatan (AI) digunakan untuk meniru penalaran dan kognisi manusia. Logika fuzzy merupakan pengembangan dari logika biner.

Sementara itu, Kepala Laboratorium Artificial Intelligence Agus Iskandar S,Kom., M.Kom., menyampaikan kegiatan Workshop IoT bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa aktif terutama yang sedang menempuh semester akhir. “Sehubungan dengan kegiatan workshop ini, semoga mahasiswa bisa menyerap ilmu yang diberikan dan bisa mempraktekkan menggunakan alat yang disediakan”, ungkapnya.

Baca Juga :   Siap Terjun ke Lapangan, Mahasiswa FIKES Lakukan Ucap Janji Kepaniteraan 2024

Kegiatan Workshop Fakultas Teknik Komunikasi dan Informatika UNAS bersama PT. Integrasia Utama merupakan kegiatan rutin tahunan (*TIN)

Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!