Workshop IoT FTKI, Kenalkan Fuzzy Logic Pada Mahasiswa Tingkat Akhir

Bagikan Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Jakarta (UNAS) – Fakultas Teknik Komunikasi dan Informatika mengadakan workshop IoT pada mahasiswa semester akhir. Kegiatan Workshop bertemakan “Fuzzy Logic on Internet of Things Temperature Condition” diadakan pada Rabu (16/11) bersama narasumber Project Manager PT. Integrasia Utama Djarot Hindarto, S.Kom. M.Kom.

Dalam materinya Djarot Hindarto, S.Kom. M.Kom., mengatakan bahwa perkembangan IoT di Indonesia tergolong masif dalam perkembangannya. “Internet of Things atau IoT mulai marak dipergunakan di Indonesia tahun 2018, dengan kata lain, Indonesia masih masif dalam penyebaran IoT termasuk didalamnya adalah Fuzzy Logic”, ujarnya.

Project Manager PT. Integrasia Utama Djarot Hindarto, S.Kom. M.Kom., saat memaparkan materi workshop kepada mahasiswa aktif FTKI Unas.

Ia melanjutkan, Pada tatanan era 5.0, penggunaan Fuzzy Logic akan membantu manusia dalam melakukan pekerjaan. “Karena Fuzzy Logic dapat mengatasi hal yang tidak pasti pada masalah – masalah yang mempunyai banyak jawaban dalam jaringan Internet of Things, penalaran Fuzzy Logic menyediakan cara untuk memahami kinerja sistem dengan cara menilai input dan output system dari hasil pengamatan”, pungkasnya.

Selain memberikan materi, Ia juga memberikan pelatihan berupa penyusunan hardware Fuzzy Logic yang dapat digunakan dalam bidang teori kontrol, teori keputusan, dan beberapa bagian dalam manajemen sains, pada kasus kali ini adalah Kontrol Temperatur pada benda elektronik yang terhubung dengan IoT.

Logika fuzzy atau dalam istilah bahasa inggris disebut fuzzy logic merupakan bentuk logika bernilai banyak yang memiliki nilai kebenaran variabel dalam bilangan real antara 0 dan 1,logika fuzzy dalam sistem kecerdasan buatan (AI) digunakan untuk meniru penalaran dan kognisi manusia. Logika fuzzy merupakan pengembangan dari logika biner.

Sementara itu, Kepala Laboratorium Artificial Intelligence Agus Iskandar S,Kom., M.Kom., menyampaikan kegiatan Workshop IoT bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa aktif terutama yang sedang menempuh semester akhir. “Sehubungan dengan kegiatan workshop ini, semoga mahasiswa bisa menyerap ilmu yang diberikan dan bisa mempraktekkan menggunakan alat yang disediakan”, ungkapnya.

Kegiatan Workshop Fakultas Teknik Komunikasi dan Informatika UNAS bersama PT. Integrasia Utama merupakan kegiatan rutin tahunan (*TIN)

Berita Terbaru
Chat with Us!