Upaya Realisasikan Pengelolaan Website Secara Mandiri, UNAS Gelar Workshop Pengelolaan Konten

Jakarta (UNAS) – Dalam rangka merealisasikan pengelolaan konten dan website secara mandiri pada masing-masing unit. Universitas Nasional menyelenggarakan Workshop Penulisan Berita Dan Tata Kelola Konten Website pada Rabu, (17/2) melalui aplikasi zoom meeting. Kegiatan ini merupakan salah satu program dalam pengoptimalan website serta dalam upaya memberikan layanan terbaik melalui konten website yang berkualitas.

Prof. Dr. Drs. Eko Sugiyanto, M.Si.

“Sesuai dengan yang saya sampaikan beberapa bulan yang lalu bahwa kami sebagai koordinator akan melakukan pelatihan atau workshop tentang bagaimana menulis berita dan tata kelola. Hal ini merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan kualitas website di lingkungan Universitas Nasional,” ujar Koordinator Tim Update Konten Web Universitas Nasional Prof. Dr. Drs. Eko Sugiyanto, M.Si dalam sambutannya.

Ia menambahkan bahwa, saat ini kebutuhan terhadap informasi melalui pengelolaan website yang baik, sudah menjadi bagian dari tuntutan dan kebutuhan zaman. Oleh karena itu, diperlukan secara terus menerus peningkatan kemampuan website. Ia pun mengapresiasi pihak-pihak yang telah mengelola dan mengupdate konten website di masing-masing unit.

“Saya melihat di masing-masing unit, tata kelola sudah berjalan baik dan sesuai dengan harapan kita. Dengan demikian UNAS bisa diakses dari dunia luar,” kata Prof. Eko yang juga Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Keuangan, dan SDM.

Dalam kegiatan ini, turut mengundang Jurnalis Senior UNASNEWS.ID Imam Mawardi Sumarsono dan diikuti oleh kepala bagian, kepala UPT dan kepala Unit Penjaminan Mutu internal di Universitas Nasional.

Imam Mawardi Sumarsono

Sementara itu, dalam pemaparannya Imam menyampaikan bahwa dalam penulisan berita harus memenuhi unsur 5W+1H (What, Who, Why, When, Where, How). Selain itu, penulisan juga harus menganut sistem penulisan piramida terbalik.

Selain mengulas teknis penulisan berita, juga disampaikan cara memposting konten melalui Control Management System (CMS) website. CMS sendiri merupakan perangkat lunak atau sistem yang membantu pengguna untuk membuat, mengatur, dan mengubah konten pada situs website. (*DMS)