UNAS Tetap Patuhi Protokol Kesehatan Covid -19 dalam Kegiatan Tes TKDA dan TOEP untuk SERDOS

Jakarta (UNAS) – Demi menunjang karir dosen yang lebih kompeten, Universitas Nasional bersama Pusat Layanan Tes Indonesia (PLTI) kembali fasilitasi kegiatan Tes  Kemampuan Dasar Akademik (TKDA) dan Test of English Proficiency (TOEP) secara online di Universitas Nasional (UNAS) pada tanggal 12-19 Agustus dan 26-29 September. Kegiatan ini diikuti oleh lebih dari 300 dosen dari berbagai program studi di universitas dan sekolah tinggi dari daerah Jabodetabek maupun luar pulau.

“Jadi Kegiatan ini TKDA dan TOEP ini merupakan salah satu persyaratan dosen untuk mengajukan sertifikasi. Penyelenggaraan TKDA dan TOEP bertempat di Laboratorium FTKI Universitas Nasional,” jelas operator Pusat Layanan Tes (PLT), Yunan Fawzi , S.Kom, M.Kom. saat diwawancarai.

Dosen Fakultas Teknologi dan Informatika UNAS tersebut juga menambahkan bahwa kegiatan ini tetap mematuhi dan menerapkan protokol Kesehatan demi terhindar dari Corona Virus Disease 19 (Covid-19).  “ Walaupun ditengah pandemi ini, kami memberikan fasilitas ini untuk dosen agar mendapatkan sertifikat, jadi semua dosen bisa mengikuti. Tentunya dengan menjalankan protokol covid -19 secara ketat yaitu dengan menyiapkan handsanitizer, sebelum dan sesudah tes, kami juga membersihkan keyboard, mouse dan ruangan.” Ujarnya.

TKDA dan TOEP adalah tes potensi akademik untuk mengukur kemampuan dosen sebab dosen adalah tenaga pendidik yang profesional yang wajib mengembangkan, mentransformasikan ilmu pengetahuan dan teknologi serta seni dalam bidangnya.

Setelah mengikuti tes TOEP dan/atau TKDA peserta akan mendapatkan sertifikat yang masa berlakunya masing-masing 2 (dua) tahun sejak tanggal dikeluarkannya sertifikat sebagai persyaratan sertifikas dosen. Bila peserta Serdos mengikuti tes beberapa kali, maka nilai yang dicatat DIKTI adalah nilai tertinggi yang berhasil dicapai peserta tes.

Jika peserta ingin mengulang pada jenis tes yang sama, maka jeda waktu antar tes minimal 3 (tiga) hari dari hari tes terakhir.

Yunan berharap, dengan diadakannya tes ditengah pandemi ini semua bisa berjalan lancar. “ semoga tes ini bisa berjalan dengan lancar karena ditengah pandemi seperti ini memang tidak mudah ya… saya harap semoga semua lolos tes dan sehat selalu”. Tutupnya diakhir wawancara.

Pada bulan Oktober ini, tes TKDA dan TOEP tetap dilakukan dengan cara daring oleh Pusat Layanan Tes Indonesia (PLTI) itu sendiri. (*TIN)