Unas Terima Penghargaan dari LLDIKTI Wilayah III Atas Kontribusi Kerelawanan Selama Pandemi Covid-19

Jakarta (Unas) – Universitas Nasional (Unas) terima penghargaan dari LLDIKTI Wilayah III atas kontribusi dalam kegiatan relawan selama pandemi Covid-19. Pemberian penghargaan tersebut merupakan apresiasi yang diberikan secara daring melalui teknologi video conference oleh plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti), Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC, Ph.D, pada Senin (29/06).

“Apresiasi setinggi-tingginya kepada perguruan tinggi yang telah berkontribusi selama pandemi Covid-19. Dengan memberikan energi positif di kampus, ini menunjukkan kualitas perguruan tinggi saat pandemi juga semakin meningkat,” ujar Prof. Nizam dalam sambutannya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala LLDIKTI Wilayah III Prof. Agus Setyo Budi juga menuturkan bahwa pimpinan perguruan tinggi lebih produktif selama pandemi berlangsung dengan adanya inovasi dan publikasi yang dihasilkan. “Selamat kepada perguruan tinggi yang telah berupaya dalam pencegahan corona virus, semoga dapat terus menghasilkan inovasi-inovasi yang berguna,” jelasnya.

Sebelumnya, sejumlah mahasiswa dan dosen Unas menjadi petugas kesehatan dan relawan saat pandemi Covid-19 di beberapa unit kesehatan. Hal ini turut mendapatkan apresiasi dari Rektor Unas, Dr. El Amry Bermawi Putera, M.A.

“Apresiasi tinggi kepada mahasiswa dan dosen yang sudah lebih dari dua bulan membantu dalam penanganan covid-19 untuk itu saya akan mengusulkan untuk menyiapkan satu piagam dari Unas kemudian juga dari LLDIKTI wilayah III,” kata Rektor dalam meeting virtual “Audiensi dan Silaturahmi” di Jakarta, Kamis, (28/5).  

Selain itu, El Amry juga memberikan apresiasi kepada seluruh sivitas akademika Unas yang telah bahu-membahu dalam penanganan covid-19 dan melakukan berbagai kegiatan untuk membantu korban terdampak covid-19.

Dosen dan mahasiswa Unas juga melakukan kontribusi dalam penelitian mengenai Covid-19 di bidang teknologi, sains, kesehatan, sosial, ekonomi, dan humaniora. Penelitian tersebut dipresentasikan dalam webinar series yang diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unas.

Unas merupakan salah satu dari 54 perguruan tinggi di yang menerima penghargaan dari LLDIKTI Wilayah III. Penghargaan tersebut terbagi ke dalam 4 kategori yaitu kategori Perguruan Tinggi yang Menghasilkan Inovasi dan Produk Kesehatan Selama Pandemi Covid-19, kategori Perguruan Tinggi yang Berkontribusi dalam Kegiatan Kerelawanan Selama Pandemi Covid-19, kategori Perguruan Tinggi Peraih QS WORLD UNIVERSITY RANKINGS, serta penghargaan untuk Rumah Sakit yang telah bekerja sama dengan LLDIKTI Wilayah III dalam kegiatan tes rapid dan swab. (MPR)