Unas Selenggarakan Simposium Internasional tentang Perempuan dan Primatologi

Simposium Internasional tentang Perempuan dan Primatologi

Jakarta (Unas) – Universitas Nasional (Unas) melalui Fakultas Biologi bekerja sama dengan Pusat Riset Primata (PRP) dan Center for Sustainable Energy & Resources Management (CSERM) selenggarakan simposium internasional tentang perempuan dan primata, secara daring dan luring di Auditorium Cyber Library Unas, Kamis (07/07). 

Dalam sambutannya, Wakil Rektor Bidang Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, dan Kerja Sama Unas Prof. Dr. Ernawati Sinaga, M.S. Apt. mengatakan, simposium ini memgambil tema ‘What Attracts Female Into Science and Conservation of Non-Human Primates?’.

Prof. Dr. Ernawati Sinaga, M.S. Apt.  Saat memberikan sambutan
Prof. Dr. Ernawati Sinaga, M.S. Apt. Saat memberikan sambutan

“Pada simposium ini kami menghadirkan beberapa peneliti dan akademisi perempuan yang memiliki penelitian mengenai science dan konservasi primata. Selain ingin menggali ilmu, kami juga ingin mengetahui apa latarbelakang mereka dalam melakukan penelitian tersebut dari perspektif perempuan,” ujarnya. 

Erna melanjutkan, kegiatan ini tidak hanya mendatangkan peneliti dari dalam negeri, tetapi juga luar negeri sebagai bentuk kolaborasi antara Unas dengan Rutgers University, Boston University, San Diego State University, Zurich University dan University of Arkansas. 

Prof. Dr. Ernawati Sinaga, M.S. Apt. (kiri) Sugardjito.Ph.D. (tengah) dan Dr. Erin R. Vogel (kanan) menerima cendramata dari penyelenggara acara.
Prof. Dr. Ernawati Sinaga, M.S. Apt. (kiri) Sugardjito.Ph.D. (tengah) dan Dr. Erin R. Vogel (kanan) menerima cendramata dari penyelenggara acara.

Hadir dalam acara ini Dr. Erin R. Vogel dari Rutgers University sebagai Keynote Speaker pada sesi pertama yang mempresentasikan penelitiannya mengenai ‘Hasil Penelitian Primata yang bermanfaat bagi Kesehatan Masyarakat’. Ia dipandu oleh moderator, Sugardjito.,Ph.D.

Presentasi dilanjutkan oleh Dr. Cheryl Knott dari Boston University, USA dengan materi ‘Reproduksi dan Fisiologi Orangutan’, Dr. Erin Riley dari San Diego State University, USA dengan materi ‘Interaksi Primata di Sulawesi Macaca’, dan Astri Zulfam S.Si., M.Si. dari Unas dengan penelitiannya yang berjudul ‘Implikasi Metabolisme Sekunder pada Pemberian Makan Orangutan’. Adapun moderator dalam sesi ini ialah Dr. Nonon Saribanon, M.Si. 

Setelah ishoma, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Keynote Speaker di sesi kedua, Dr. Maria van Noodwijk dari Zurich University, Switzerland dengan presentasinya yang berjudul ‘Sejarah Kehidupan Orangutan’ dan dimoderatori oleh Dr. Fachruddin Mangunjaya, M.Si. 

Baca Juga :   Peringati Hari Raya Idul Adha 1443 H, Unas Laksanakan Shalat Ied dan Penyembelihan Hewan Qurban

Pemaparan pada sesi ini dilanjutkan oleh Dr. Wuryantari Setiadi, M.Biomed dari Eijkman Center for Molecular Biology, BRIN, Indonesia yang berjudul ‘Microbioma Usus Primata’, Putu Mas Itha Pujiantari, M.A. dari University of Arkansas dengan presentasi ‘Evolusi Primata’, Dr. Fitriah Basalamah, M.Si. dari Unas dengan materi ‘Perilaku Reintroduksi Orangutan’, serta Dr. Puji Rianti dari IPB University dengan presentasi berjudul ‘Filogenetik Primata’. Sesi ini dipandu oleh Didik Prasetyo., Ph.D., sebagai moderator. 

Tak hanya itu, kegiatan ini juga mengundang Dr. Susan M. Cheyne dari Oxford Brookes University, UK yang memaparkan penelitiannya dengan judul ‘Penelitian untuk Konservasi Kalimantan Gibbons’, dan pemaparan dari Rahayu Oktaviani, M.Sc. dari Yayasan Kiara Indonesia mengenai ‘Penelitian untuk Konservasi Javan Gibbons’. Mereka dipandu oleh Dr. Sri Endarti Rahayu, M.Si., selaku moderator. 

Dr. Sri Suci Utami (kanan) menerima cendramata dari Dr. Tatang Mitra Setia (kiri)
Dr. Sri Suci Utami (kanan) menerima cendramata dari Dr. Tatang Mitra Setia (kiri)

Kegiatan ini diakhiri dengan closing remarks oleh Dr. Sri Suci Utami dari Unas dengan presentasinya yang berjudul ‘Visi Menuju Ilmu Pengetahuan Berkelanjutan dan Konservasi Non-Human Primata’. Ia dipandu oleh Tri Wahyu Susanto, M.Si. sebagai moderator. 

Fakultas Biologi Unas juga mengumumkan nama pemenang lomba poster mengenai kegiatan ini. Adapun kategori mahasiswa diraih oleh kelompok Muhammad Hanif Rahman dari Universitas Jenderal Soedirman sebagai Juara 1, kelompok Seno Wicaksono dari Unas sebagai Juara 2, dan kelompok Muhammad Giofany dari UPI sebagai juara 3. 

Sementara kategori SMA diraih oleh kelompok Sahrul Efendi dari SMKN 3 Surabaya sebagai juara 1, Lut Fania Putri Novitasari dari SMA 11 Surabaya, dan Resky Suliasti dari SMAN 6 Bone sebagai juara 3. (NIS)

Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!