UNAS Raih Peringkat 562 Sebagai World Most Sustainable University

Jakarta (UNAS) – Universitas Nasional (UNAS) meraih peringkat 562 sebagai World Most Sustainable University setelah UI Green Metric World University Ranking 2018 merilis daftar kampus terhijau di seluruh dunia pada 19 Desember 2018 lalu. Di tingkat Nasional, UNAS menempati posisi ke 38 dari seluruh Universitas di Indonesia yang terdaftar dalam UI Green Metric.

Dalam wawancaranya, Dr. Fachruddin Mangunjaya M.Si. mengatakan UNAS baru pertama kali mengikuti UI Green Metric World University. “UNAS baru pertama kali mengikuti perangkingan ini dan alhamdulillah UNAS meraih posisi yang baik,” ujar Fachruddin di Aula Blok 1 lantai 4 UNAS, Jum’at, (28/12).

Ia menambahkan, Dalam upaya sustainbility dalam mewujudkan kampus yang nyaman secara berkelanjutan, perlu peran serta setiap elemen universitas dalam penggunaan energi secara efisien sehingga dapat mengurangi emisi. “Sebagai kampus yang memiliki wawasan akademis dalam penggunaan sumber daya alam, kami akan berupaya mengajak seluruh Civitas Akademika UNAS untuk menggunakan energi dengan baik,” katanya.

Terkait dengan upaya yang dilakukan, Fachruddin menjelaskan bahwa upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menghemat listrik, memaksimalkan pengelolaan air, mengolah limbah sampah, dan memanfaatkan tenaga surya. “Setiap tahun akan ada penilaian dari UI Green Metric World University dan kita upayakan tahun depan ada gerakan untuk menghemat energi seperti listrik, air, mengolah sampah, dan memanfaatkan tenaga surya sehingga rating UNAS dapat naik,” ucapnya.

Terdapat enam kategori penilaian dalam penilaian UI Green Metric di antaranya Pengaturan Lahan dan Infrastruktur (15%), Energi dan Perubahan Iklim (21%), Pengolahan limbah sampah (18%), Pengelolaan air (10%), Transportasi (18%) dan Edukasi (18%). Dalam kriteria penilaian tersebut, UNAS meraih poin tertinggi pada kategori edukasi dengan 1200 poin.

“UNAS mendapatkan nilai tertinggi pada kategori edukasi karena kita banyak melakukan kegiatan dalam memelihara sumber daya alam seperti konservasi lingkungan yang juga di publikasikan. Selain itu, memiliki matakuliah konservasi alam yang di inisiasi oleh Universitas,” pungkasnya.

UI GreenMetric World University Rankings 2018 adalah program pemeringkatan universitas pertama dan satu-satunya di dunia yang mengukur komitmen setiap universitas untuk berpartisipasi dalam mengembangkan suatu Infrastruktur ramah lingkungan. Pada tahun ini ada 719 universitas dari 81 Negara yang ikut serta dalam UI GreenMetric.

Wakil Rektor Bidang Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat Prof. Dr. Ernawati Sinaga M.S., Apt. pun mengapresiasi kinerja tim green UNAS. “Saya sangat berterimakasih dan mengapresiasi tim green kampus UNAS, sehingga baru pertama kali UNAS mengikuti ajang ini sudah menempati ranking ke 562 dunia dan 38 di Indonesia,” tutur Erna. Ia juga optimis pada tahun depan UNAS dapat naik rangking. “Dan saya yakin tahun depan ranking UNAS akan naik lagi,” imbuhnya saat ditemui oleh Tim Humas UNAS. (*DMS)