UNAS Job Expo 2018 Kembali Digelar, Bius Ratusan Job Seekers

JAKARTA – Ratusan para pencari kerja atau yang biasa disebut Job Seekers, baik alumni, mahasiswa aktif, maupun umum, padati Ruang Aula Blok I Lantai IV UNAS, pada Kamis (15/03), dalam rangka mengikuti kegiatan Seminar Karir dan UNAS Job Expo 2018. Kegiatan yang dihelat oleh Career and Development Center Unit Pelaksana Teknis Marketing and Public Relations (UPT MPR) Universitas Nasional (UNAS) ini bertujuan guna memfasilitasi para lulusan universitas yang akan melanjutkan pengalamannya ke dunia pekerjaan. 

Bertajuk “Upgrade Your Skill and Find Your Career for The Bright Future”, kegiatan ini dibuka oleh sambutan dari Manajer UPT MPR, Dian Metha Ariyanti, S.Sos., M.Si. “Kami harap kegiatan ini dapat  menjembatani kebutuhan perusahaan dan para lulusan universitas yang diharapkan dapat menjadi masukan bagi pengembangan kurikulum di UNAS, agar tingkat keserapan lulusan dan kebutuhan perusahaan dapat berjalan dengan seimbang,” tegasnya. 

Dian mengatakan, bahwa UNAS sudah lebih dari 10 kali melaksanakan kegiatan yang dapat menjembatani lulusan maupun mahasiswa aktif UNAS untuk bekerjasama dengan perusahaan seperti campus hiring, walk in interview, maupun drop curriculum vitae (CV).

Hal ini didukung oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Dr. Zainul Djumadin, M.Si. “UNAS memang sudah mengizinkan kegiatan seperti ini dan saya berharap kegiatan Job Expo merupakan salah satu service UNAS kepada alumni maupun mahasiswanya, sehingga menjadi nilai tambah bagi mereka untuk mengikuti seleksi di perusahaan,” tutur Zainul dalam sambutannya.

Menurutnya, UNAS hanya menjembatani para alumni untuk dapat berkarir dimasa depan. Untuk selebihnya, kesuksesan merupakan sebuah pilihan.  “Kunci utama untuk meraih kesuksesan tersebut adalah percaya diri. Semoga kalian bisa yakin dengan kemampuan diri sendiri,” tutupnya seraya membuka kegiatan ini.

Dalam presentasinya yang berjudul, ‘cara beda masuk dunia kerja’, HR Manager PT PP London Sumatera Indonesia, Anggoro Santoso, M.I.Kom., selaku narasumber mengatakan bahwa para pencari kerja harus memiliki mental yang baik jika ingin melamar pekerjaan. Selain itu, penting bagi mereka untuk mempersiapkan CV semenarik mungkin supaya dapat menarik perhatian HRD.

“Selain dituntut dengan dua hal tersebut, kalian juga perlu memiliki kreatifitas yang tinggi. Hal yang lainnya adalah menjauhi kompetisi yang sudah terlihat umum, cipatakan sesuatu yang baru yang belum ditawarkan oleh orang lain,” jelasnya.

Kuncinya adalah, lanjut Anggoro, yaitu think out of the box, meningkatkan skill komunikasi dengan baik, serta mental yang kuat untuk ditolak ataupun diterima oleh perusahaan. Ia juga menambahkan, para pelamar harus bersaing bukan dengan melihat konten, namun konteksnya.

“Kalian juga harus berpikir bagaimana merubah kemasan dari konteks tersebut menjadi hal yang menarik perhatian sehingga terlihat berbeda. Sehingga akhirnya lamaran tersbut mempunyai atensi, diambil sama HRD, kemudian dibuka, dan dipanggil, ” imbuh pria berkacamata itu.

Telah keempat kalinya dilaksanakan, kegiatan ini diikuti oleh 7 perusahaan diantaranya PT. Intrias Mandiri Sejati (IMS), PT. Prima Karya Sarana Sejahtera, BCA Insurance, Republika, Koran Sindo, MNC, dan PT. Valco Swastika Utama. Berlangsung pada pukul 09.00 hingga 16.00 WIB, kegiatan ini diakhiri dengan pembagian doorprize serta walk in interview oleh PT. PKSS.(*NIS)