UNAS Jalin Kerjasama dengan St. Petersburg State University, Rusia

Jakarta (UNAS) – Dalam menunjang kemahiran berbahasa asing, Universitas Nasional yang dimotori oleh Kantor Kerjasama Internasional (KKI) menjalin kerjasama dengan St. Petersburg State University, Rusia. Kegiatan kerjasama ditandai dengan penandatanganan MoU (Memorandum of Understanding) secara Hybrid di Universitas Nasional dan Moskow, Rusia pada Selasa (1/11). MoU ditandatangani oleh Wakil Rektor Bidang Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan Kerjasama Prof. Dr. Ernawati Sinaga, M.S., Apt dan Senior Vice Rector for Youth Policy and Admissions of Saint Petersburg State University Prof. Alexander Vyacheslavovich Babich.

Dalam sambutanya, Wakil Rektor Bidang Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan Kerjasama Prof. Dr. Ernawati Sinaga, M.S., Apt., menyampaikan penandatanganan MOU antara UNAS dan St. Petersburg State University, yang akan menandai hubungan kerjasama dan kolaborasi yang saling menguntungkan antara kedua Universitas dan Negara.

Wakil Rektor Bidang Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan Kerjasama Prof. Dr. Ernawati Sinaga, M.S., Apt., dalam sambutannya menjelaskan penandatanganan MOU antara UNAS dan St. Petersburg State University, yang akan menandai hubungan kerjasama dan kolaborasi yang saling menguntungkan antara kedua Universitas dan Negara.

“Salah satu tujuan utama kerjasama antara UNAS dan St. Petersburg State University yang adalah untuk memudahkan pembelajaran dan penguasaan bahasa Rusia bagi masyarakat Indonesia, dan sebaliknya, untuk pembelajaran dan penguasaan bahasa Indonesia bagi orang-orang Rusia”. Ungkapnya

Ia melanjutkan, Tes kemampuan bahasa Rusia belum diadakan di Indonesia, baik di universitas maupun di pusat sains Rusia di Jakarta (PIPR). Hal ini membuat para penerima beasiswa masih harus lulus belajar bahasa Rusia selama 9 bulan sebelum mulai mempelajari bidang studi pilihannya di Rusia.

“Oleh karena itu perlu dibentuk Pusat Pengujian Bahasa Rusia di Indonesia. Sehubungan dengan itu, salah satu kegiatan yang akan dilakukan dalam waktu dekat kerjasama antara UNAS dan St. Petersburg State University adalah Pendirian Center for TORFL (Test of Russian as Foreign Language) di UNAS”, Kata Erna

Penandatanganan Nota Kesepakatan Bersama (MoU) disaksikan oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Federasi Rusia di Moskow Jose Antonio Morato Tavares dan dihadiri oleh Duta Besar Federasi Rusia untuk Republik Indonesia Lyudmila Georgievna Vorobyeva.

Baca Juga :   JADWAL SIDANG KULIAH KERJA LAPANG MAHASISWA FAPERTA UNAS

Jose Antonio Morato Tavares dalam sambutannya mendukung penuh kerjasama UNAS dengan St. Petersburg State University, Rusia.

“Kerjasama UNAS dengan St. Petersburg State University, Rusia merupakan salah satu step yang penting untuk mengenal bahasa asing dan budaya antar kedua negara, mengasah skill komunikasi yang akan bisa mempromosikan kepada orang-orang tentang kedua negara. Saya juga mendukung penuh tentang pendirian Center for TORFL (Test of Russian as Foreign Language)”, tuturnya dalam zoom.

Pada kesempatan yang sama, Duta Besar Federasi Rusia untuk Republik Indonesia Lyudmila Georgievna Vorobyeva mengatakan untuk mengetahui bahasa dan budayanya, Indonesia akan jadi Pusat Pelatihan Bahasa di UNAS. “Kedepannya antara Universitas dan Kedutaan akan mensupport dalam melaksanakan pelatihan bahasa. MoU ini sangat penting dalam kontribusi untuk mempromosikan kerjasama UNAS dan St. Petersburg State University”. Pungkasnya

Selain penandatanganan MoU, Universitas Nasional maupun St. Petersburg State University mengadakan seminar pengenalan budaya dan tatanan bahasa satu sama lain oleh Dekan Fakultas Bahasa dan Sastra Dr. Somadi Sosrohadi, M.Pd dan Prof. Larisa Vlandimirovna Leifland.

 

Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!