Unas Fasilitasi Pelatihan Calon Auditor AMI

Jakarta (Unas) – Universitas Nasional (Unas) menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan pelatihan calon auditor AMI (Audit Mutu Internal) bagi dosen/tenaga pendidik di perguruan tinggi dilingkungan LLDIKTI Wilayah III. Acara yang dilaksanakan selama dua hari, Selasa dan Rabu, (28-29/11) di Ruang Auditorium Unas ini, sebagai upaya dalam peningkatan mutu perguruan tinggi melalui penguatan implementasi penjaminan mutu internal, khususnya penguatan tahap evaluasi mutu melalui AMI.

Wakil Rektor Unas Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Prof. Dr. Suryono Efendi, S.E., M.B.A., M.M. saat memberikan sambutan dalam acara Pelatihan Calon Auditor AMI,

Wakil Rektor Unas Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Prof. Dr. Suryono Efendi, S.E., M.B.A., M.M. dalam sambutannya mengatakan, penjaminan mutu merupakan kegiatan sistematik yang dilakukan secara berencana dan berkelanjutan. Dalam sistem penjaminan mutu pendidikan tinggi terdiri dari dua yaitu Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dan Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME).

Ia melanjutkan, Penjaminan mutu pada pendidikan tinggi dilakukan melalui penetapan, pelaksanaan, evaluasi, pengendalian, dan peningkatan Standar Pendidikan Tinggi (SPT). Sehingga kegiatan yang ada di perguruan tinggi sesuai prosedur dan hasilnya telah sesuai dengan standar.

Prof. Suryono pun mengatakan dalam melaksanakan AMI diperlukan auditor yang tangguh dan terlatih. “Oleh karena itu, saya ucapkan selamat mengikuti pelatihan auditor AMI, sehingga para auditor bisa melaksanakan kegiatan di perguruan tinggi masing-masing dalam rangka melaksanakan mutu internal yang lebih baik,” ucapnya.

Turut hadir dalam acara ini, Kepala Bagian Umum LLDIKTI Wilayah III Noviyanto, S.T., MMSI. yang juga memberikan sambutan.

Dalam sambutan singkatnya, Noviyanto menyampaikan bahwa terdapat 81 orang calon auditor audit mutu internal yang mengikuti kegiatan pelatihan ini. Ia berharap kepada para peserta agar dapat mengikuti kegiatan pelatihan hingga selesai. “Karena kita ingin perguruan tinggi dilingkungan LLDikti Wilayah III, penjaminan mutunya semakin bagus,” katanya.

Baca Juga :   Communication Care 2023 "Pola Komunikasi dalam Pembangunan Berkelanjutan”

Ia melanjutkan bahwa 206 perguruan tinggi di LLDIKTI Wilayah III telah melaporkan dokumen SPMI nya dan dokumen tersebut juga sudah diverifikasi dan diberikan rekomendasi perbaikan oleh para fasilitator. Noviyanto pun berbangga bahwa pelaporan SPMI mengalami kenaikan.

Dalam pelatihan ini, turut menghadirkan narasumber untuk memberikan materi yaitu Pakar Mutu Dr. Hisar Sirait, M.A. dan Dr. Ir. Desiana Vidayanti. Adapun Unas mengirimkan 11 staf unit penjaminan mutu untuk mengikuti pelatihan ini.

Pemberian cinderamata oleh Kepala Badan Penjaminan Mutu Dr. Muhani, S.E., M.Si.M. (kanan) kepada narasumber Dr. Hisar Sirait, M.A. (kiri) dalam acara Pelatihan Calon Auditor AMI.

Pada hari kedua, para calon auditor melakukan praktek audit lapangan ke Fakultas, Program Studi, Badan/Biro dan UPT yang ada di Unas diantaranya Program studi Ilmu Politik, Program studi Sosiologi, Program studi Administrasi Publik, Program studi Akuntansi, Program studi Sistem Informasi, Program studi Hukum dan Program studi Biologi.

Kemudian, Fakultas Biologi dan Pertanian, UPT Perpustakaan, Kantor Kerjasama Internasional, Biro Administrasi Akademik, dan Badan Penjaminan Mutu. (*DMS)

Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!