UNAS Akan Beri Sanksi Tegas Penyalahgunaan Narkoba

JAKARTA (UNAS) – Narkoba memang harus segera diberantas hingga akarnya, sebab merusak generasi bangsa. Untuk itu, Universitas Nasional (UNAS)  berkerjasama dengan Polres Jakarta Selatan melakukan razia di kampus, Selasa (25/6). Razia ini terlaksana atas permintaan UNAS kepada Polres Jaksel melalui surat resmi. ‘’Kami menerima permintaan dari UNAS untuk melakukan razia narkoba di kampusnya. Ini sangat kami apresiasi sekali karena UNAS sudah paham akan pembersihan narkoba dan harus menjadi contoh kampus lain ,’’ ungkap Kasat Narkoba Polres Jakarta Selatan, Kompol Vivick Tjangkung.

Pihak Polres Jaksel menurunkan 2 santuan K-9 beserta 80 personil dari Polda Metro serta Badan Narkotika Nasional ( BNN). Berfokus kepada pencarian barang bukti narkoba ke dua anjing K-9 menyusuri segala sudut di kampus UNAS, mulai dari ruang kuliah lantai dasar, kantin, parkir motor, lalu masuk ruang kuliah lantai satu dan dua. Dari hasil penyusuran K-9 tidak didapat barang bukti Narkoba, di wilayah Kampus, tak itu saja kegiatan razia juga dilakukan secara menyebar hingga ke depan gerbang kampus setiap mahasiswa tasnya dan bawaannya semua diperiksa.

Pihak BNN juga melakukan tes urin yang diikuti tidak hanya mahasiswa namun juga dosen dan karyawan. Sebanyak 200 tes kit narkoba disiapkan oleh pihak BNN, dari hasil tes urin tersebut terdapat  3 oknum mahasiswa yang disinyalir mengunakan barang narkoba. Ketiganya dibawa ke kantor kepolisian untuk dilakukan pendalaman dan melakukan tes urin lanjutan. Hasilnya 2 diantaranya dinyatakan negativ tidak menggunakan  narkoba.

“Kami sudah tegaskan, UNAS tidak akan tunduk terhadap narkoba dan akan menindak tegas siapapun yang terlibat dalam penyalahgunaan narkoba. Ini adalah kali ke 8, kami melakukan razia rutin seperti ini bekerjasama dengan pihak BNN dan kepolisian, jadi jika masih ada yang ingin coba-coba dengan UNAS, kami tidak segan memberikan sanksi tegas,’’ ungkap Manajer Humas UNAS, Dian Metha Ariyanti.  

Menjadi catatat tersendiri, tindakan yang dilakukan oleh pihak Universitas Nasional perlu mendapat apresiasi tinggi, karena inisiatifnya berkerjasama dengan pihak Polres Jaksel untuk membersihakan UNAS dari narkoba dan bisa menjadi contoh bagi kampus lain. (AAP)