Tingkatkan Mutu Akademik, Prodi Administrasi Publik Selenggarakan Workshop Penyusunan RPS

Prodi Administrasi Publik Selenggarakan Workshop Penyusunan RPS

Jakarta (Unas) – Peningkatan mutu yang berkelanjutan khususnya di bidang akademik terus dilakukan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Nasional. Sebagai bentuk komitmen dan dukungan dengan menyelenggarakan berbagai kegiatan dalam menunjang peningkatan akademik tersebut. Salah satu kegiatan yang diselenggarakan adalah workshop penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) di Program Studi Administrasi Publik.

Dr. Heni Jusuf, S.Kom., M.Kom., saat memberikan materi di Workshop Penyusunan RPS Prodi Administrasi Publik.

Acara yang digelar di Ruang Rapat Cyber pada Kamis, (18/8) ini turut mengundang Kepala Badan Pengembangan Kurikulum Universitas Nasional Dr. Heni Jusuf, S.Kom., M.Kom., sebagai instruktur dalam Re-desain RPS di Program Studi Administrasi Publik.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum dan Akademik FISIP Unas Dr. Bhakti Nur Avianto, S.I.P., M.Si., Ketua Program Studi Administrasi Publik Dr. Mary Ismowati, M.Si., Sekretaris Program Studi Administrasi Publik Angga Sulaiman, S.I.P., M.Si., dan seluruh dosen struktural Program Studi Administrasi Publik.

Heni mengatakan bahwa ada lima tujuan dalam Re-desain RPS ini yaitu (1) Merevisi Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL), (2) Merevisi Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK), (3) Merevisi Sub Capaian pembelajaran mata kuliah (CPMK), (4) Memahami Korelasi Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) terhadap Sub Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK), dan  (5) Menyusun Desain Pembelajaran.

“Sehingga keberhasilan nya adalah capaian yang mampu merancang pembelajaran inovasi dan menyusun RPS Blended sesuai dengan SN-Dikti dan dengan pendekatan Outcome-Based Education (OBE),” kata Heni.

Lebih jauh, Heni mengungkapkan jika suatu program studi ingin mengarah ke akreditasi internasional, kurikulum program studi tersebut harus menggunakan kurikulum OBE.

Dalam acara ini, Heni memaparkan apa saja langkah langkah yang harus dilakukan oleh program studi dalam meredesain RPS. Pada sesi kedua, setiap dosen diberikan pelatihan dalam mengisi RPS.

Baca Juga :   Seminar Jurnalistik HIMAKOM UNAS : Euforia Pemilu 2014, Media Televisi Harus Bisa Bersikap Netral

Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum dan Akademik FISIP Unas Dr. Bhakti Nur Avianto, S.I.P., M.Si. menyambut baik kegiatan yang diinisiasi oleh Program Studi Administrasi Publik. Ia berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas akademik program studi Administrasi Publik. (*DMS)

Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!