Teliti HHO Cell Generator, Dosen FTS Unas Raih Gelar Doktor di Malaysia

Jakarta (Unas) – Dosen Fakultas Teknik dan Sains (FTS) Universitas Nasional (Unas), Ir. Ajat Sudrajat, MT., Ph.D berhasil meraih gelar doktornya di Universiti Teknikal Malaysia Melaka (UTeM), pada 30 April 2021. Dalam disertasinya, Ajat meneliti mengenai HHO Cell Generator dengan mengangkat judul ‘Design and Development of HHO Cell Generator For Improved Engine Performance and Emissions’.

Dalam keterangannya, Ia mengatakan, saat ini jumlah transportasi umum terus meningkat sehingga mengakibatkan kemungkinan penurunan stok bahan bakar minyak di dunia. Oleh sebab itu, perlu adanya bahan bakar alternatif yang dapat meminimalisir hal tersebut.

“Latar belakang disertasi ini pada awalnya saya merasa prihatin dengan meningkatnya permintaan bahan bakar yang diikuti dengan kenaikan harga. Banyak cara yang dapat dilakukan dalam upaya menghemat bahan bakar tersebut, salah satunya dengan menggunakan perangkat teknologi generator HHO,” imbuhnya saat diwawancarai oleh Humas Unas, Kamis (20/05).

Ir. Ajat Sudrajat, MT., Ph.D

Ajat menambahkan, HHO Cell Generator sendiri merupakan salah satu bahan bakar alternatif yang saat ini sedang banyak di gandrungi di beberapa negara di dunia. Teknologi tersebut menggunakan prinsip kerja elektrolisis air yang digunakan untuk memproduksi gas hidrogen, dan mengubah air menjadi gas.

“Gas tersebut ialah gas yang ditambahkan pada pembakaran di mesin untuk memaksimalkan pembakaran, sehingga dapat menghemat bahan bakar yang dikonsumsi,” tuturnya.  Ajat  juga mendesain dan melakukann analisis terkait pengembangan cell generator HHO guna meningkatkan volume dan kualitas HHO.

“Diharapkan hasil tersebut meningkatkan performance mesin dan mengurangi emisi gas buang mesin kendaraan atau industri,” tuturnya. Ia juga berharap hasil disertasi tersebut dapat memberikan manfaat yang nyata bagi dunia industri mengingat kebutuhan energi selalu meningkat.

Ajat melanjutkan, sebelumnya para akademisi Unas tengah melakukan riset terkait dengan  HHO Cell Generator, dengan tujuan untuk meningkatkan energi dari energi yang dilestarikan dan alternatif. Disertasi tersebut dipresentasikan secara online di UTeM pada 30 April 2021. (NIS)