Tangkal Berita Hoax Menjelang Kontestasi Politik, Arief Suditomo Jadi Narasumber Seminar Literasi Komunikasi Politik

Jakarta (Unas) – Pusat Studi Literasi Komunikasi Politik (Pustera Kompol) Universitas Nasional (Unas) menyelenggarakan seminar dengan tema “Literasi Komunikasi Politik Pada Mahasiswa Dalam Menangkal Hoaks Menjelang Kontestasi Politik 2024” pada Selasa, (13/12) di Auditorium Unas. Acara ini turut mengundang Chief Business Development Officer Media Group Network Arief Suditomo sebagai narasumber.

Arief mengatakan bahwa pada pemilihan umum tahun 2024 60% adalah pemilih muda atau pemula yang merupakan first couters dimana para pemilih muda lebih banyak menggunakan media dalam mencari informasi. Oleh karena itu, media diharapkan dapat membantu mewadahi ekspresi pemilih pemula dalam berpolitik.

Chief Business Development Officer Media Group Network Arief Suditomo saat memberikan ulasan pada sesi diskusi.

“Bagaimana mereka merealisasikan ekspresi mereka dalam berpolitik juga perlu kita bantu dari sekarang dan itu merupakan satu hal yang wajib sebagai sebuah institusi dari media mainstream,” ujar Arief.

Selain itu, kata dia, peran media juga diperlukan dalam mengkampanyekan tentang bagaimana literasi digital dan juga berinteraksi dengan media digital guna menciptakan sebuah proses pemilu yang berkualitas. Dalam rangka itu, media bisa berkolaborasi dengan kampus, pemerintah dan LSM untuk memberikan edukasi kepada masyarakat dan kaum muda dengan mengadakan sebuah event terkait literasi politik atau digital.

Ia pun memberikan apresiasi kepada Universitas Nasional yang telah berhasil mengadakan acara dengan berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk memberikan pemahaman tentang literasi digital. “Dan kita perlu beri apresiasi kepada Unas dalam hal ini dimana hari ini berhasil itu mengumpulkan media mainstream, pemerintah, kampus dan LSM untuk membicarakan tentang hoax dan hal-hal yang harus dihindari di tahun politik 2024,” ucapnya.

Ia berharap, kegiatan seminar terkait literasi dapat berjalan secara simultan bukan hanya berhenti pada acara seminar namun diharapkan mahasiswa yang hadir dapat memberikan edukasi tentang hoax menjelang kontestasi politik tahun 2024 kepada orang-orang terdekat.

Baca Juga :   Bahas Kinerja Tahun 2023, FTKI Unas Adakan Rapat Kerja

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Pustera Kompol Unas Dr. Dra. Lely Arriane, M.Si., menyatakan bahwa kebanyakan pemilih muda belum mengenal lebih tentang politik sehingga hal ini potensial disusupi oleh pesan-pesan politik yang tidak bertanggung jawab termasuk berita bohong dan hoax.

Ketua Pustera Kompol Unas Dr. Dra. Lely Arriane, M.Si., saat memberikan sambutan kepada peserta yang hadir.

“Saat berita hoax atau berita bohong bertebaran di media sosial dan kampus-kampus termasuk dilingkungan pergaulan mahasiswa yang terjadi adalah perpecahan publik dan ini yang tidak boleh terjadi,” tegas Lely.

Dengan demikian, Pustera Kompol berinisiatif mengadakan seminar dengan menghadirkan para mahasiswa guna memberikan pemahaman terkait dengan berita hoax dan kontestasi politik itu sendiri. “Karena ini penting, mahasiswa Unas sebagai pemilih dan mereka harus melek politik apalagi Unas sudah cukup terkenal sehingga Unas harus menjadi motor penggerak,” ucap Lely.

Dengan menghadirkan narasumber yang kompeten dibidangnya, Lely berharap hal ini dapat memberikan pengembangan dan peningkatan pengetahuan mahasiswa dibidang literasi komunikasi politik.

Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Keuangan, dan SDM Unas Prof. Dr. Drs. Eko Sugiyanto, M.Si., menyampaikan turut mengucapkan terima kasih kepada pihak yang telah mensukseskan acara ini. Ia juga mengatakan tema seminar ini sangat penting mengingat pada tahun 2023 kegiatan politik akan dimulai.

Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Keuangan, dan SDM Unas Prof. Dr. Drs. Eko Sugiyanto, M.Si., saat memberikan pidatonya diacara Pusat Studi Literasi Komunikasi Politik.

Berkaca dari tahun politik sebelumnya banyak informasi bohong yang tersebar dimedia sosial dan masyarakat. Oleh karena itu, hal ini perlu menjadi perhatian semua pihak serta memberikan edukasi agar masyarakat bisa memilih informasi yang benar dan yang salah.

Diakhir sambutannya, Prof. Eko mengajak para mahasiswa untuk menyimak materi yang diberikan oleh narasumber. “Simak benar-benar karena menjelang pemilu ini banyak hoax. Mudah-mudahan mahasiswa menjadi pemilih yang benar-benar kritis terhadap fenomena menjelang pemilu 2024,” katanya.

Baca Juga :   Penandatanganan MoU UNAS dan ITB Ahmad Dahlan Jakarta

Selain Arief Suditomo, acara ini juga menghadirkan narasumber yaitu Rizki Ameliah, S.S., M.Si. selaku Koordinator Literasi Digital Kominfo, Septiadji Eko Nugroho dari Mafindo dan Irfan Fauzi Arief, M.Si. selaku Pakar Media Digital Unas. (*DMS)

Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!