Tak Surut di Masa Pandemic, FIKES UNAS Tetap Komit Ciptakan Perawat Kompeten

Jakarta (Unas) –Walau sekarang ini tingkat penularan Covid -19 tak bisa lagi di bendung  serta Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat di Pulau Jawa dan Bali dilakukan, namun tak menyurutkan semangat belajar.  Seperti yang dilakukan oleh  Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) Program Studi Keperawatan Universitas Nasional (Unas)  melakukan pelatihan preceptorship secara Online.

Pelatihan yang dilakukan daring ini bagian dari  gelombang ke III, berbeda dari sebelumnya, pelatihan ini dilakukan secara virtual melalui zoom meeting pada 22 hingga 23 Januari 2021. Semangat dalam membuat kegiatan pelatihan yang dilakukan oleh FIKES UNAS merupakan komitmen untuk menciptakan perawat yang kompeten di bidangnya.

Dr. Retno Widowati, M.Si.

“Pelatihan ini seharusnya dilakukan secara onsite atau tatap muka, tetapi karena pandemi yang tidak memungkinkan untuk onsite, kegiatan ini dilakukan secara daring selama 2 hari dengan target pencapaian yang sama ketika dilaksanakan secara onsite,” ujar Dekan FIKES Unas, Dr. Retno Widowati, M.Si. dalam sambutannya, pada Jumat (22/01).

Retno menjelaskan bahwa, Preceptorship merupakan pelatihan bagi calon preceptor agar menjadi preceptor dilahan praktik baik RS, Puskesmas dan klinik yang kompeten yang dapat membimbing peserta didik baik D3, S1 maupun ners.

“Kegiatan ini dilakukan dalam upaya mengadaptasikan calon mahasiswa tersebut ke dalam suasana klinik profesional, sehingga secara fisik dan mental-psikologis berada dalam kondisi siap memberikan pelayanan yang berkualitas bagi pasien,” tuturnya.

Selain itu, tambahnya, pelatihan ini dilakukan untuk memfasilitasi para calon preceptor yang terdapat di lahan praktik baik rumah sakit, puskesmas, dan klinik. Dengan harapan menghasilkan para preceptor klinik yang kompeten dan mampu mewujudkan pembelajaran klinik yang ideal kepada peserta didik.

Pada kegiatan ini, FIKES Unas bekerja sama dengan Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI).  Adapun peserta pelatihan berjumlah 69 orang yang terdiri dari mahasiswa kelas B dan C, serta perawat S1 Ners dari perwakilan Rumah Sakit Islam Cempaka Putih Jakarta, RSUD Budhi Asih, RS Jiwa Marzoeki Mahdi Bogor, Klinik Wocare Centre Bogor, dan Puskesmas Pasar Minggu, yang telah bekerja sama dengan Prodi Pendidikan Profesi Ners FIKES Unas.

Baca Juga :   MoU Unas dan Kemendagri RI di Hari Kelahiran Pancasila
Dr. Irna Nursanti M.Kep., SP. Mat.

Hadir sebagai narasumber dalam pelatihan ini yakni Ketua Kurikulum Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI) Jakarta, Dr. Irna Nursanti M.Kep., SP. Mat. Pelatihan ini juga diisi dengan diskusi kelompok, tutorial, simulasi, dan tanya jawab.

“Semoga setelah mengikuti keseluruhan pelatihan diharapkan peserta dapat paham model pembelajaran preceptorship, dapat melaksanakan pembelajaran tersebut dengan media dan alat yang tepat, serta mengembangkan tujuan pembelajaran dalam preceptorship,” harap Irna. (NIS)

Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!