Study Bahasa Asing Kunci Persaingan Di Era Globalisasi

Study Bahasa Asing Kunci Persaingan Di Era Globalisasi

Jakarta (UNAS) – Dalam rangka mengajak mahasiswa menguasai beberapa bahasa asing dan menjadikan studi bahasa asing asing sebagai kunci persaingan di era globalisasi, Program Studi Hubungan Internasional bersama dengan Program Studi Bahasa Korea menggelar Webinar berjudul “Prospek Studi Asing di Era Globalisasi” pada Rabu (16/3). Sebagai mahasiswa, bisa berbahasa asing merupakan suatu nilai tambah dan poin penting di Era Globalisasi, pasalnya bahasa adalah alat komunikasi yang paling efektif untuk mengungkapkan suatu gagasan.

Prof. Dr. Kim Soo Il
Prof. Dr. Kim Soo Il

Hadir sebagai keynote speaker, Prof. Dr. Kim Soo Il  Sekretaris Jenderal (Sekjen) Tourism Promotion Organization (TPO) for Asia Pacific Cities mengatakan menguasai bahasa, selain bahasa global merupakan strategi untuk kehidupan yang sukses. “Ketika kuliah saya memilih belajar bahasa Indonesia, Major saya bahasa Indonesia, karena disitu saya melihat ada peluang yang cukup besar. Saya menganalisis sistematik berdasarkan data-data dan pertukaran masyarakat dengan prospek yang besar. Ini adalah sebuah strategi menguasai bahasa untuk kehidupan yang sukses,” jelasnya.

Pria yang belajar Bahasa Indonesia sejak tahun 1972 itu nembahkan selain harus jeli dengan peluang yang ada, mahasiswa dituntut untuk mempelajari keahlian yang lain. “Yang ingin saya tekankan saat ini adalah, tidak hanya bisa menguasai bahasa asing, selain bahasa kalian perlu mengasah soft skill yang lain. Kerana bahasa hanya tools hanya alat untuk mengembangkan pengetahuan lain,” pungkas Kim.

Dalam ceramahnya, ia juga memberikan tips penting untuk meraih kesuksesan yaitu penguasaan bahasa Inggris, penguasaan bahasa selain bahasa global dan penguasaan soft skill lainnya.

Disisi lain, Ketua Pusat Studi Australia Harry Darmawan, S.Hum., M.Si., sebagai pembicara menerangkan studi asing era globalisasi adalah peningkatan kualitas kapabilitas dan daya saing. “Pemahaman terhadap studi asing sama dengan potensi besar dalam penguasaan era kekinian. Dalam studi bahasa asing hal yang dibutuhkan adalah kapabilitas kemampuan terkait studi asing dengan berbasis multi disiplin keilmuan,” terang Harry.

Baca Juga :   Bangkitkan Semangat Entrepreneur, Inkubator Wirausaha Mandiri Beri Pembekalan Kepada Pengurus Baru UEC

Dengan demikian sambungnya, para peminat studi asing harus menguasai hal-hal seperti tata cara penggunaannya dan terkait dengan kondisi internal negara lain.

Ia menambahkan bahwa dalam mengembangkan studi asing, Universitas Nasional memiliki potensi dalam pengembangan studi asing berbasis multidisiplin ilmu yang didukung oleh kehadiran Fakultas Bahasa dan Sastra.

“Program studi bahasa asing juga membutuhkan kolaborasi dengan berbagai studi keilmuan baik dalam sosial sains, ilmu alam, ilmu kesehatan dan yang lain. Ini penting agar kapabilitas kebahasaan dapat menyerap fenomena kekinian dalam karakteristik nasional maupun internasional sehingga dapat menjawab tantangan zaman saat ini. Adanya pusat studi Australia di UNAS sebagai bagian dari penguat studi asing di era global,” tegasnya.

Pada kesempatan yang sama, Dosen Prodi Bahasa Korea Dra. Rurani Adinda, M.Ed., juga memaparkan mengenai pengaruh menguasai bahasa asing di UNAS. “Dalam prodi Bahasa Korea banyak hal-hal yang sudah dilakukan seperti pertukaran pelajar dan terjalinnya kerjasama dengan kampus-kampus di luar negeri, hal itu dikarenakan pengaruh bahasa asing yang luar biasa sebagai alat komunikasi yang penting,” tandasnya.

Kegiatan webinar Prodi Hubungan Internasional, FISIP bersama dengan Prodi Bahasa Korea, FBS dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni Universitas Nasional (Unas) Dr. Suryono Effendi, S.E., M.B.A. M.M yang di moderatori oleh Fahdi Sachiya, S.S, M.A. Turut hadir pula dalam kegiatan Dekan Fakultas Bahasa dan Sastra Dr. Somadi Sosrohadi, M.Pd, Kaprodi Hubungan Internasional Dr. Irma Indrayani, S.IP., M.Si dan para Dosen FISIP maupun FBS. (*TIN)

Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!