Siap Terjun ke Lapangan, Mahasiswa FIKES Lakukan Ucap Janji Kepaniteraan 2024

Jakarta (UNAS) – Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Nasional (FIKES UNAS) Program Studi (Prodi) Pendidikan Profesi Ners dan Prodi Pendidikan Profesi Bidan semester genap Tahun Akademik 2023-2024 melakukan Ucap Janji Kepaniteraan di Ruang Seminar Lt.3, Menara Unas 1, Ragunan, Jakarta Selatan, Sabtu (30/03).

Kegiatan ini diawali dengan registrasi peserta dan tamu undangan pukul 08.00 – 08.30, dilanjutkan dengan pembukaan dan menyanyikan lagu wajib Indonesia Raya, MARS UNAS, MARS PPNI dan MARS IBI. Setelah itu, dilanjut dengan Laporan oleh Ka. Prodi Pendidikan Profesi Ners Ns. Naziyah, S.Kep., M.Kep., dan Ka. Prodi Pendidikan Profesi Bidan Jenny Anna Siauta, S.ST., M.Keb.

Ka. Prodi Pendidikan Profesi Ners Ns. Naziyah, S.Kep., M.Kep., saat memberikan laporannya.

Dalam laporannya, Ns. Naziyah, S.Kep., M.Kep., menyampaikan bahwa pembacaan janji mahasiswa dalam kepaniteraan ini merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan oleh Prodi Pendidikan Profesi Ners dan Prodi Pendidikan Profesi Bidan dalam persyaratan sebelum memasuki lahan praktik seperti Rumah sakit, Rumah sakit jiwa, puskesmas, klinik, panti sosial tunawerda dan masyarakat.

“Pendidikan Profesi Ners wajib ditempuh oleh calon mahasiswa keperawatan yang akan menjadi perawat, telah tercantum dalam permenkes No.26 tahun 2019 pasal 3 yang berbunyi bahwa lulusan keperawatan merupakan perawat yang lulus dalam program Profesi keperawatan atau Ners yang mempunyai keahlian khusus dalam asuhan keperawatan. Maka dari itu, laporan ini menjadi tanggung jawab institusi yang memiliki prodi keperawatan dan kebidanan guna wajib melanjutkan proses dalam ketentuan tersebut,” ujar Ns. Naziyah, S.Kep., M.Kep.

Ia melanjutkan, dalam proses pencapaian mendapatkan gelar Ners ini tidak mudah. Maka dari itu, mohon dukungan dan doa agar proses pembelajaran dalam tahapan profesi Ners berjalan dengan lancar sampai proses ujian kompetensi hingga mencapai 100% kelulusan. Sementara itu, Ka. Prodi Pendidikan Profesi Bidan Jenny Anna Siauta, S.ST., M.Keb., juga mengatakan, setelah melewati proses seleksi maka yang berhasil adalah mahasiswa baru pada semester genap sebanyak 84 mahasiswa, terdiri dari jalur reguler sebanyak 31 Mahasiswa dan jalur RPL sebanyak 53 Mahasiswa.

Baca Juga :   Penelitian & PKM Dosen dan Mahasiswa Ilmu Komunikasi di Desa Wisata Cibuntu
serah terima maqhasiswa kepada institusi kelahan praktek.

Ia menambahkan, bidan menyelenggarakan RPL sebagai komitmen Prodi Pendidikan Profesi Bidan FIKES dalam mendukung program pemerintah. “Sebelum memasuki semester 1, mahasiswa telah melakukan proses matrikulasi sebanyak enam mata kuliah dengan total SKS sebanyak 13. Kemudian, hari ini melakukan proses Ucap Janji Kepaniteraan sebelum turun ke lahan praktik yang digunakan antara lain Rumah Sakit Ciledug, Puskesmas Baros, Serang dan Tangerang,” tuturnya.

Ia berharap, “semoga seluruh calon tenaga bidan yang hadir pada hari ini dapat mengikuti proses pembelajaran dengan baik, sehingga lulus menjadi bidan profesional yang unggul dalam bidang komplementer bagi Ibu dan Anak sehingga mampu meningkatkan kualitas hidup bangsa,” jelasnya. Hadir dalam kegiatan ini, Ketua DPD PPNI Jakarta Selatan Ns. Iwan, S.Kep dan Ketua PD Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Bdn. Diana Syatri, S.S.T,. Ia mengatakan, konsep pembelajaran di lahan praktik telah  didukung oleh digitalisasi. Maka dari itu, mahasiswa membutuhkan pengetahuan yang lebih tentang penggunaan digitalisasi di bidang kesehatan.

“Sebagai mahasiswa agar giat belajar bukan hanya mencari tahu tentang digitalisasi, namun juga harus sering membaca jurnal baik nasional maupun internasional sehingga mampu menerapkan di lahan praktik,” ucap Ketua DPD PPNI Jakarta Selatan Ns. Iwan, S.Kep.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan penyematan name tag dan pemasangan kap mahasiswa Profesi Ners dan Profesi Bidan, yang dilakukan oleh Ketua program Studi dan Dekan FIKES UNAS. Perwakilan mahasiswa Pendidikan Profesi Ners Name tag  antara lain Nengah Hendri Budiana dan  Luh Juli Antari . Dan perwakilan mahasiswa Pendidikan Profesi Bidan antara lain  Mutiara Febriyanti, S.Keb, lalu dilanjutkan dengan prosesi ucap janji kepaniteraan yang dipandu oleh perwakilan mahasiswa, serta didampingi oleh rohaniawan islam yaitu  Imam Subarul Adzim, S.Pd., M.Ag., rohaniawan Kristen, Ns. Dwi Rohyani, S.Kep., M.Kep., dan rohaniawan budha, U.P. Prajnarasmi Sulina Tjiarakusuma.

Baca Juga :   Pelatihan Monitoring Terumbu Karang
Prodi Pendidikan Profesi Ners

Kemudian dilanjutkan dengan serah terima mahasiswa dari institusi kelahan praktek oleh masing-masing ketua prodi. Penerimaan mahasiswa oleh lahan praktik Perawat : Ns. Sutomo, S.Kep (RSUD Pasar Rebo) dan Bidan oleh CI RSUD Budhi Asih : Utami Feminasari, S.S.T, Bdn. Setelah serah terima dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh Imam Sabarul Adzim, S.Pd, M.Ag, dan ditutup dengan foto bersama. (SAF)

Berita Terbaru
Berita

Pernyataan Sikap Pimpinan UNAS

HUBUNGAN MASYARAKAT UNIVERSITAS NASIONAL Jl. Sawo Manila No. 61, Pejaten Pasar Minggu Jakarta Selatan 12520   Siaran Pers                    No.040/MPR/SP/IV/2024   Menyikapi

Read More »

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!