Siap Terjun ke Dunia Kerja, FTKI Bekali Para Lulusan Pelatihan Prakerja

Jakarta (Unas) – Usai dilangsungkannya Yudisium Semester Ganjil tahun akademik 2020/2021, Fakultas Teknologi, Komunikasi, dan Informatika (FTKI) Universitas Nasional (Unas) bekali para lulusan dengan pelatihan prakerja. Kegiatan ini diisi dengan pemberian psikotes, edukasi, dan wawancara yang berlangsung pada Selasa-Rabu, 30-31/03 2021.

Dalam pelatihan ini, FTKI bekerja sama dengan PT. Solutiva Consulting Indonesia, sebuah Biro Psikologi yang menawarkan jasa Psikologi dan pusat pelatihan untuk individual, perusahaan, sekolah, universitas, dan lembaga lainnya. Berlangsung secara onsite dan online, kegiatan ini diikuti oleh para lulusan FTKI semester ganjil 2020/2021, lulusan dan mahasiswa FTKI, lulusan dan mahasiswa Unas, serta terbuka untuk umum.

Aris Gunaryati, S.Si., MMSI.

Ketua ICT Research Center FTKI, Aris Gunaryati, S.Si., MMSI. mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mempersiapkan para lulusan terjun ke dunia pekerjaan. Dengan diberi pelatihan tersebut, diharapkan para lulusan mampu mempersiapkan diri dan mampu bersaing di dunia kerja.

“Semoga melalui kegiatan ini para lulusan dapat lebih baik mempersiapkan diri, mulai dari melamar kerja, sampai mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Di kegiatan ini kami juga bekerja sama dengan PT. Solutiva Consulting Indonesia yang nanti akan membimbing para lulusan untuk mengikuti pelatihan,” ujarnya dalam sambutan dalam pembukaan kegiatan tersebut, Selasa, 30/03 di Aula Blok I Lantai IV Unas.

Sementara itu, Trainer dalam kegiatan ini, M. Iqbal Qomaruzzaman S.E., M.M. mengatakan, mengetahui kompetensi diri melalui psikotes merupakan hal yang penting. Oleh sebab itu, sebelum masuk ke dunia kerja banyak perusahaan yang mewajibkan tes psikotes untuk melihat skill calon tenaga kerja yang sesuai dengan posisinya.

“Tidak hanya psikotes saja yang perlu diketahui calon tenaga kerja, tetapi juga cara melamar pekerjaan yang baik, serta bagaimana caranya menghadapi tes interview agar memungkinkan dapat diterima oleh perusahaan,” jelasnya dalam kegiatan yang dihelat secara virtual, Rabu (31/03).

Iqbal menuturkan, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh calon tenaga kerja saat melamar pekerjaan yakni dapat membuat curriculum vitae atau CV yang menarik, memiliki kemampuan sesuai posisi yang dilamar, serta memiliki sikap yang baik dan kepercayaan diri agar memukau saat proses wawancara.

Mengusung tema ‘Stand Among the Crowd for Winning the Job’, materi dalam pelatihan ini diisi dengan tes psikotes, pembahasan dan review CV menarik dan tips and trick membuat CV, serta simulasi wawancara kerja. Turut hadir dalam kegiatan ini Komisaris PT. Solutiva Consulting Indonesia, Harmein Pane, S. Kom., Dekan dan Wakil Dekan FTKI, serta jajaran dosen FTKI Unas.

Sebelumnya, telah dilakukan penandatanganan kerjasama antara FTKI Unas dengan PT. Solutiva Consulting Indonesia oleh Dekan FTKI, Dr. Septi Andryana, S.Kom., MMSI. dan Direktur PT. Solutiva  Consulting Indonesia, Zakiyatul Fitri, M.Psi., Psikolog. secara onsite di Aula Blok I Lantai IV Unas. Dengan adanya kerjasama tersebut, kegiatan ini akan rutin diselenggrakan pada tiap semesternya.

Pelatihan prakerja ini merupakan salah satu agenda Yudisium Series FTKI Semester Ganjil 2020/2021 yang diberikan kepada lulusan. Adapun rangkaian kegiatan tersebut terdiri dari Yudisium kelulusan Sarjana FTKI, Pelatihan Prakerja, dan Webinar Holistic Human Development.