Siap Naikan Klasterisasi, FBS UNAS Lakukan Raker

Jakarta (UNAS) – Dalam mensinergikan visi dan misi Universitas Nasional (Unas), Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Unas mengadakan Rapat Kerja (Raker) Tahunan guna mengevaluasi serta merancang program yang selaras. Raker yang dipimpin langsung oleh Dekan FBS Unas, Drs. Somadi, M.Pd., mengusung tema “Pengelolaan Fakultas dan Prodi Berbasis Penjaminan Mutu : Memperkuat Klasterisasi Universitas”.

Somadi menyampaikan bahwa saat ini Unas sedang mengejar untuk masuk ke dalam klasterisasi perguruan tinggi minimal pada urutan ke-50. Sehingga, dari Raker ini akan dirancang program yang dapat mendukung visi tersebut. “Kami sebagai pengelola fakultas dan program studi harus mengacu kepada visi universitas,” ujar Somadi.

Drs. Somadi, M.Pd.

Raker yang berlangsung di Menara Unas, Ragunan membahas agenda penting yang mengacu kepada sistem penjaminan mutu berdasarkan format LKPS (Laporan Kinerja Program Studi). Pengisian LKPS diharuskan kepada seluruh program studi dengan tetap dan sesuai kondisi di lapangan. “Semua yang kita lakukan ada prosedurnya dan alat ukurnya. Dengan demikian, maka mutu bisa ditanggungjawabkan kepada semua pihak termasuk stakeholder,” jelas Somadi.

Untuk membahas hal tersebut, pelaksanaan Raker FBS terbagi menjadi 2 hari yaitu Jumat–Sabtu, 19–20 Maret 2021. Dalam Raker tersebut, mengundang seluruh anggota struktural yang ada di ruang lingkup FBS.

Dari hasil Raker yang berlangsung, Somadi berharap hasil Raker ini sebagai sarana evaluasi kerja, sehingga program kerja yang telah dirancang dapat diterapkan. “Sistem maupun cara kerja harus dilihat pada hasil kesepakatan Raker kemudian aturan yang ada”, paparnya. (*ARS)