Selenggarakan Parade Puisi, Mahasiswa FBS Unas Persembahkan Puisi untuk Para Ibu

Jakarta (Unas) – Dalam memperingati Hari Ibu yang jatuh setiap tanggal 22 Desember, Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Universitas Nasional (Unas) menyelenggarakan parade puisi dengan tema “A Great Mother A Great Woman” pada Selasa, 27 Desember 2022 di Aula Blok 1 Lt. 4 Unas.

Dekan Fakultas Bahasa dan Sastra Unas Dr. Drs. Somadi Sosrohadi, M.Pd., memberikan sambutan dan membuka acaranya.

“Hari ini merupakan kegiatan dalam rangka memperingati hari ibu, kami di Fakultas Bahasa dan Sastra para dosen dan para mahasiswa berinisiatif untuk melakukan kegiatan parade puisi Bahasa dan sastra dengan tema A Great Mother A Great Woman,” kata Dekan Fakultas Bahasa dan Sastra Unas Dr. Drs. Somadi Sosrohadi, M.Pd., dalam sambutannya.

Ia menambahkan, kegiatan ini merupakan ekspresi dari sivitas akademika di FBS untuk menyelenggarakan kegiatan yang bersifat akademis dan memiliki nilai kreatifitas.

Lebih lanjut, Somadi mengatakan bahwa ada tiga kompetensi didalam kurikulum FBS yang tidak bisa dipisahkan yaitu kognisi, psikomotor dan afektif.

“Dimana kita tidak hanya menuntut untuk cerdas berfikir tetapi juga harus cerdas berperilaku dan cerdas bersikap hal ini juga yang membekali kita bahwa teman-teman mahasiswa yang pergi ke Itali, ke Korea, ke Jepang itu tidak hanya memiliki kecerdasan tetapi mereka memang punya kelebihan yaitu keseimbangan antara pikir kerja dan sikap”, ujarnya.

Maka dari itu, Ia terus mendorong para himpunan yang ada dilingkungan FBS Unas untuk terus menggiatkan kegiatan kemahasiswaan yang bisa mengembangkan bakat mahasiswa.

“Untuk itu mahasiswa terutama kepada para Himpunan untuk terus menggiatkan kegiatan seperti ini ada lomba puisi, untuk orasi untuk narasi kemudian monolog, dialog, gama, tari dan seni gerak yang lain untuk membekali apa yang kita miliki pada kecerdasan pikir tetapi harus mempunyai kecerdasan gerak berani berbicara didepan umum adalah nilai lebih bagi kami di Fakultas Bahasa dan Sastra itu akan menjadi sasaran kami membentuk karakter lulusan fakultas Bahasa dan sastra”, pungkas Somadi.

Baca Juga :   Semarak Perayaan Hari Primata Indonesia 2017 di SMA Sumbangsih
Wakil Dekan FBS Unas Dr. Fairuz, M. Hum.

Kegiatan Parade Puisi ini bukan hanya sekedar membaca puisi, namun juga membedah puisi yang telah dibacakan. Pembacaan & bedah puisi dilakukan oleh 4 mahasiwa/i perwakilan dari masing-masing Prodi FBS dan Dosen.

Dari Program Studi Sastra Indonesia, Mega Titis Rahmadani membacakan puisi berjudul Sendiri karya Chairil Anwar, yang kemudian puisi tersebut dibedah oleh Wakil Dekan FBS Unas Dr. Fairuz, M. Hum. Kemudian, dari Program Studi Sastra Inggris, Junia membacakan puisi berjudul To My Mother by Edgar Allan Poe, yang kemudian puisi tersebut dibedah oleh Dosen FBS Unas Drs. Evert Haryanto Hilman., M.Hum.

Selanjutnya, dari Program Studi Sastra Jepang, Sheviva Putri Pratiwi bersama dengan Dosen FBS Unas Wawat Rahwati, M. Hum, membacakan puisi berjudul 乳母車 (Ubaguruma) karya 三好 達治 (Tatsuji Miyoshi), yang kemudian puisi tersebut dibedah langsung oleh Wawat Rahwati, M.Hum.  Sementara, dari Program Studi Bahasa Korea, Muhamad Aldaffa Achsan membacakan puisi berjudul 어머니의 마음 – 양주동 시 (eomeoniui ma-eum – yangjudong si), yang kemudian puisi tersebut dibedah oleh Dosen FBS Unas Dra. Rurani Adinda, M.Ed.

Tidak hanya pembacaan & bedah puisi, kegiatan ini juga menampilkan apresiasi seni dari setiap Prodi dilingkungan FBS Unas, serta tumpengan sebagai simbolis rasa syukur acara ini. Prodi Sastra Indonesia menampilkan musikalisasi puisi oleh Qusyari dan timnya, Prodi Bahasa Korea menampilkan duet sing cover oleh Jeno Sing Club, Prodi Sastra Jepang menampilkan Odori oleh tim Odori, kemudian acara ditutup oleh penampilan Band Akustik dari Prodi Sastra Inggris.

Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!