40 Dosen Unas Ikuti Pelatihan Pemanfaatan Chat Gpt dalam Penelitian

Jakarta (UNAS) – Sebanyak 40 Dosen Unas Ikuti Pelatihan Pemanfaatan Chat Gpt dalam Penelitian yang diadakan oleh Badan Pengembangan Kurikulum (BPK) di Ruang Seminar Selasar Blok I Lt.III, pada Rabu (27/09).

Kegiatan ini dihadiri oleh Prof. Dr. Achmad Nizar Hidayanto, S.Kom., M.Kom sebagai Narasumber dari Universitas Indonesia, Prof. Dr. Suryono Efendi, S.E., M.B.A., M.M., Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Heni Jusuf, S.Kom., M.Kom Kepala BPK serta 40 Dosen Unas lainnya.

Dalam sambutan Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni “Selamat datang kepada Prof. Dr. Achmad Nizar Hidayanto, S.Kom., M.Kom dari Universitas Indonesia yang sudah menyempatkan waktunya untuk hadir di Unas dalam kegiatan Pelatihan Pemanfaatan Chat Gpt,” tutur , Prof. Dr. Suryono Efendi, S.E., M.B.A., M.M.

Prof. Suryono melanjutkan, ChatGPT  singkatan dari “Chat Generative Pre-trained Transformer“, yaitu  program komputer berbasis teks yang sangat canggih dan telah dibangun dengan menggunakan teknologi terbaru dalam bidang NLP. NLP (Natural Language Processing)

Sementara itu, Narasumber Universitas Indonesia Prof. Dr. Achmad Nizar Hidayanto, S.Kom., M.Kom menjelaskan bahwa Chat Gpt merupakan suatu program komputer cerdas yang berfungsi sebagai teman virtual dalam wujud komunikasi teks. Program ini mampu memahami dan merespons bahasa manusia secara efektif.

Lanjutnya, Inti dari Chat Gpt adalah memfasilitasi komunikasi yang lebih mudah dan menyenangkan dengan komputer, memberikan jawaban, saran, dan informasi yang bermanfaat bagi pengguna.

“Chat Gpt membantu banyak orang, terutama pelajar atau mahasiswa dalam menyelesaikan tugasnya dengan lebih mudah. Tidak hanya mencari penelusuran spesifik, membuat esai, artikel bahkan tugas akhir dalam bentuk teks, Chat Gpt mampu memberikan jawaban penelusuran matematis, seperti perguruan tinggi,” tutur Prof. Dr. Achmad Nizar Hidayanto, S.Kom., M.Kom.

Baca Juga :   Mahasiswa Program Studi Sastra Jepang Berangkat ke Jepang untuk Melaksanakan Program Internship Tahun Akademik 2022/2023

Dalam kesempatan ini, Kepala Badan Pengembangan Kurikulum Dr. Heni Jusuf, S.Kom., M.Kom memberikan sertifikat kepada Prof. Dr. Achmad Nizar Hidayanto, S.Kom., M.Kom sebagai Narasumber dari Universitas Indonesia, sebagai bentuk apresiasi dalam kegiatan Pelatihan Chat Gpt ini. (SAF)

Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!