Sambut Tahun Ajaran Baru, FTKI Gelar Workshop Perbaruan Kurikulum

Bagikan Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Jakarta (UNAS) – Dalam rangka menyambut Tahun ajaran baru 2021/2022 dan menyikapi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dikeluarkan oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbud Ristek), Fakultas Teknik Komunikasi dan Informatika menggelar workshop pembaharuan kurikulum pada Jumat-Sabtu (13-14/8) secara virtual.

Pada sambutannya, Dekan Fakultas Fakultas Teknik Komunikasi dan Informatika Dr. Septi Andryana, S.Kom., MMSI menjelaskan dengan perbaharuan kurikulum dosen akan lebih siap dalam mengimplementasikan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). “Dengan adanya pembaharuan kurikulum ini dan dengan memahami konsep RPL (Rekognisi Pembelajaran Lampau) dan OBE (Outcomes Based Education), kita akan lebih siap lagi dalam mengimplementasikan berbagai kebijakan pemerintah, di antaranya yaitu program Merdeka Belajar Kampus Merdeka,” jelasnya.

Ia menambahkan, dengan workshop ini selain untuk menyamakan persepsi juga mengajak para dosen untuk bisa mengikuti trend yang berjalan. “Dengan diadakannya workshop ini adalah untuk membangun persamaan persepsi khususnya bagi para dosen bahwa betapa pentingnya kurikulum pada suatu program studi dan agar dapat mengikuti trend yang berjalan saat ini serta untuk memenuhi kebutuhan stakeholder, maka kurikulum program studi harus diperbaharui, ” tambah Septi.

Workshop dengan topik “PERBAHARUAN KURIKULUM MENGADOPSI ERA SOCIETY 5.0 DAN STANDAR RPL + OBE” mengundang Guru Besar Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika (FTKI) Unas, Prof. Dr. Iskandar Fitri, S.T., M.T sebagai pembicara.

Dalam materinya, Prof. Dr. Iskandar Fitri, S.T., M.T mengatakan, Era Society 5.0 merupakan tatanan kehidupan dunia, dimana hampir semua sector kehidupan akan menggunakan bantuan teknologi ICT.

Prof. Dr. Iskandar Fitri, S.T., M.T

“Tahun 2025 nanti, era Society 5.0 secara internasional yang akan launching secara massive di pasaran, maka dari itu dosen harus lebih mengerti bagaimana cara mengajar dibidang tersebut meskipun dengan background yang berbeda,” paparnya.

Demi memberikan pemahaman yang optimal, Agenda workshop yang dipandu oleh Guru Besar Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika (FTKI) Unas, Prof. Dr. Iskandar Fitri, S.T., M.T dibagi menjadi 2 hari.

Pembahasan hari pertama yaitu ; Penyusunan Nomenklatur Ilmu TIK di Era 5.0 Ke Dalam Mata Kuliah Dan Silabus dan Penyusunan Linkage (Keterhubungan) Setiap RPS Mata Kuliah Dalam Kurikulum, Kemudian hari kedua diisi dengan; Skema Rumusan Link dan Match Kurikulum Terhadap Perkembangan Ilmu TIK dan Dunia Kerja Nasional/ Internasional dan Skema Rumusan Standard RPL dan OBE. (*TIN)

Berita Terbaru
Chat with Us!