Sambut Mahasiswa Baru, UNAS Kembali Gelar Character Building

JAKARTA – Universitas Nasional (UNAS) kembali menyelenggarakan pendidikan Character Building (CB) untuk menyambut mahasiswa baru semester genap tahun ajaran 2017/2018. Kegiatan yang berlangsung pada 22&24 Februari 2018 ini tidak hanya bertujuan untuk mengenalkan dunia kampus dan sistem pendidikan di UNAS, tetapi juga membentuk karakter dan integritas calon mahasiswa.

Selama kegiatan berlansung, para peserta CB diberikan materi oleh instruktur yang juga dosen UNAS. Materi tersebut meliputi Akademik, Hak dan Kewajiban, Kegiatan Kemahasiswaan, dan Inovasi dan Critical Thinking. Program pengenalan kampus ini wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa baru dan menjadi salah satu prasyarat untuk menambah poin Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) dalam bentuk sertifikat.

Kegiatan pengganti OSPEK bagi camaba ini terbagi menjadi dua shift dari pukul 09.00 hingga 16.00 WIB, yaitu shift pagi diperuntukkan bagi mahasiswa program kelas reguler, sedangkan mahasiswa program kelas karyawan pada sore hari.

Salah satu instruktur, Asmawi, ST., M.T mengatakan bahwa calon mahasiswa baru begitu antusias mengikuti rangkaian dari CB. “Mereka semua semangatnya luar biasa, itu terlihat dari keseriusan mereka mengikuti materi yang disampaikan,” ujarnya.

Asmawi yang juga ketua program studi Teknik Mesin UNAS menyampaikan, selama menjadi instuktur dalam CB terlihat banyak sekali perubahan diantaranya materi yang disampaikan semakin berkembang dan mengikuti perkembangan zaman. “Semoga CB pada tahun tahun berikutnya dapat ditingkatkan lagi sehingga dapat memotivasi calon mahasiswa baru,” imbuhnya.

Ditemui usai kegiatan, salah satu peserta CB, Restu Lestari mengatakan ia begitu antusias dan banyak mendapatkan hal positif dari CB. “Kegiatan ini bermanfaat banget buat calon mahasiswa baru seperti saya. Sebelum saya masuk, saya sudah disuguhi dengan materi-materi yang langsung disampaikan oleh dosen UNAS dan itu menurut saya lebih bermanfaat dari adanya OSPEK,” tuturnya.

Mahasiswi program studi manajemen itu juga menambahkan, dengan adanya CB dapat lebih menghemat waktu dan menambah wawasan bagi mahasiswa baru. “Kalau CB ini lebih singkat dari OSPEK, kalau OSPEK kan biasanya satu minggu. Selain itu isinya juga lebih berbobot dan bisa membangun karakter kita mahasiswa baru,” tutupnya.(*NIS)