Reakreditasi Akademi Pariwisata Nasional, Mahasiswa diminta Kuasai Bahasa Asing

 

JAKARTA (UNAS) – Akademi Pariwisata Nasional (AKPARNAS) Universitas Nasional kembali melakukan visitasi re-akreditasi guna mengevaluasi dan meningkatkan mutu institusi pendidikan tinggi, Kamis (28/2). Salah satu bentuk evaluasi resmi adalah mendatangkan tim dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) atau asesor yaitu, Dr. A. Par. Amelda Pramezwary, St.Tr. Par., MM dari Sekolah Tinggi Pariwisata Pelita Harapan dan Rini Kartika Hudiono, S.Pd., M.A dari Universitas Kristen Satya Wacana.

Selama proses visitasi di Ruang Rapat AKPARNAS,  asesor melakukan cross check pengisian borang. Kegiatan visitasi re-akreditasi ini, kedua asesor tersebut memaparkan borang yang telah diisi oleh AKPARNAS dan menanyakan hal-hal yang dianggap perlu untuk diklarifikasi terhadap bukti lampiran yang telah dilaporkan di dalam borang tersebut. 

Pada proses wawancara dengan mahasiswa, asesor menyampaikan bahwa Bahasa Asing sangat penting untuk dikuasai oleh mahasiswa khususnya mahasiwa Pariwisata. “Mengenai Bahasa Asing, kalian (mahasiswa) harus belajar dan menguasainya. Suka atau tidak suka,” ujar Rini.

Menguasai Bahasa Asing bisa menjadi  point plus yang akan membantu mahasiswa untuk medapat pekerjaan. Salain diminta untuk menguasai bahasa Asing, Rini juga memeberi saran mahasiswa AKPARNAS untuk mempelajari Vlog dan Blog yang akan bermanfaat jika Mahasiswa AKPARNAS mempunyai usaha nantinya.

“Karena di era 4.0 belajar komputer,  Vlog dan Blog itu juga wajib yaa.. cari feed supaya menarik konsumen, bikin icing yang harus beda pemasarannya bisa lewat Blog dan Vlog,” tambahnya.

Asesor dari Universitas Kristen Satya Wacana ini juga mendoakan supaya mahsiswa AKPARNAS lancar belajar di UNAS dan bisa sukses menitih karir setelah lulus dari UNAS.

“Semoga Adik-adik mahasiswa lancar selama belajar disini (UNAS) dan sukses menitih karirnya setelah lulus, dan jangan lupa belajar berbagai bahasa,” ucap perempuan berparas Orinental itu seraya meninggalkan ruangan.

Tepat setelah makan siang, Proses re-akreditasi dilanjutkan dengan wawancarai dosen, alumni, dan mahasiswa AKPARNAS oleh Rini Kartika Hudiono, S.Pd., M.A dari Universitas Kristen Satya Wacana di ruangan yang berbeda, sedangkan   Dr. A. Par. Amelda Pramezwary, St.Tr. Par., MM dari Sekolah Tinggi Pariwisata Pelita Harapan berada di ruang rapat AKAPARNAS untuk melakukan pengecekan dokumen dengan tim pengisi borang re-akreditasi AKPARNAS. (*TIN)