Rakernas ILMIKI ke XI, UNAS Jadi Tuan Rumah Pelantikan

Bagikan Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Rakernas ILMIKI ke XI, UNAS Jadi Tuan Rumah Pelantikan

Jakarta (UNAS) – Universitas Nasional menjadi tuan rumah pelantikan dan rapat kerja nasional (Rakernas) Ikatan Mahasiswa Ilmu Keperawatan Indonesia (ILMIKI) ke XI. Rapat kerja nasional dan pelantikan ILMIKI diselenggarakan selama empat hari pada Rabu- Sabtu (19-22/1). Sebanyak 53 mahasiswa Ilmu Keperawatan dari Universitas di seluruh Indonesia dilantik sebagai pengurus harian ILMIKI di Auditorium Cyber UNAS.

Dalam sambutannya, Gubernur DKI Jakarta yang diwakilkan oleh Ns. Purwadi M.Kep, Sp.Kom., selaku Kabid Sumber Daya Kesehatan Dinkes Pemprov DKI Jakarta menyampaikan bahwa kedekatan perawat dalam kehidupan sehari-hari diharapkan bisa membelajarkan diri dari segi pendidikan. “Kedekatan perawat dengan pasien dan keluarga sudah terbukti adanya, maka diharapkan melalui adik-adik mahasiswa bisa membelajarkan diri dalam konteks mengenalkan profesi secara utuh dan dalam organisasi kemahasiswaan, maka jaminan untuk memberdayakan diri, disini ditempa untuk belajar berorganisasi membangun lini-lini strategi dan komunikasi secara utuh,” jelasnya.

Ia berpesan kepada seluruh pengurus harian ILMIKI periode 2021-2023 untuk bisa mengemban sebuah misi yang lebih baik dan mengikuti transformasi digital. “Kalau dalam dua tahun ini kegiatan organisasi tidak bertatap muka, mudah-mudahan dengan pertemuan ini secara protokol kesehatan pengurus mampu mengemban sebuah misi yang baik untuk melahirkan pemimpin masa depan. Untuk sekarang kami berpesan kepada mahasiswa di era milenial saat ini bahwa transformasi digital sudah sangat nyata oleh karenanya pesan kami kepada mahasiswa keperawatan bagaimana mewujudkan digital ini sangat nyata dirasakan oleh masyarakat dan mahasiswa keperawatan bisa ikut ambil peran dalam hal tersebut,” paparnya.

Dr. Suryono Efendi, S.E., M.B.A., M .M.,
Dr. Suryono Efendi, S.E., M.B.A., M .M.,

Sementara itu Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni Unas, Dr. Suryono Efendi, S.E., M.B.A., M .M., mengatakan bahwa mahasiswa fakultas kesehatan adalah garda terdepan dalam menangani pandemi ini dan IlMIKI bisa menjadi kebanggan institusi oleh masing- masing delegasi. “Dalam kondisi saat ini Mahasiswa Fakultas Kesehatan merupakan garda terdepan dalam membantu pemerintah untuk menangani pandemi, karena masih dalam situasi seperti ini diharapkan rapat kerja nasional dapat menghasilkan program yang dibutuhkan masyarakat luas dan bisa sebagai bentuk pengabdian di perguruan tinggi. Semoga ILMIKI bisa menjadi kebanggan institusi oleh masing-masing delegasi yang saat ini bertugas,” ungkapnya.

Rakernas ILMIKI merupakan bagian penting dalam organisasi ILMIKI yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali, diikuti oleh seluruh anggota ILMIKI. Keikutsertaan anggota adalah wujud dari sebuah komitmen mahasiswa keperawatan Indonesia untuk berdiskusi bersama menyumbangkan buah pikirannya dan membahas mengenai pembaharuan yang diperlukan dalam organisasi oleh ILMIKI. Rakernas ILMIKI merupakan awal permulaan program kerja yang akan diselenggarakan oleh ILMIKI selama 2 tahun ke depan dan merupakan sumbangsih ILMIKI untuk Indonesia.

Dalam surat keputusan Sekretaris Jenderal ILMIKI nomor 009/sk/sekjen/ilmiki/e/i/2022 tentang pengurus harian nasional periode 2021-2023 melantik 53 mahasiswa keperawatan di seluruh Indonesia.

Dr. Retno Widowati, M.Si.,
Dr. Retno Widowati, M.Si.,

Pada kesempatan yang sama Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Nasional Dr. Retno Widowati, M.Si., memberikan apresiasinya dan mengingatkan kepada seluruh peserta untuk tetap meningkatkan nilai akademik dan organisasi internal. “Sebagai mahasiswa harus bisa multitasking selain mengikuti organisasi juga harus bisa meningkatkan pengetahuan akademik, saya bangga ILMIKI sudah dalam level nasional semoga tetap kuat dan berkomitmen tinggi. Saya juga berharap ini bisa meningkatkan masing-masing individu dan hima sebagai penguat masing-masing institusi pendidikan. Pesannya semoga bisa menjadi calon perawat yang berkomitmen dan handal senantiasa update tentang teknologi kesehatan, santun berintegritas dan berpegang pada etika profesi,” kata Retno di Auditorium

Pada pelantikan kepengurusan harian nasional ILMIKI periode 2021-2023 turut hadir Ketua DPW PPNI DKI Jakarta yang diwakilkan oleh Anggota Departemen DPW PPNI DKI Jakarta Jajat Sudrajat S.Kep, SKM, Walikota Jakarta Selatan yang diwakili oleh Wakil Camat Pasar Minggu Rodia Renaningrum dan Sekretaris Jenderal IMIKI Periode 2021-2013 Riska olivia. (*TIN)

Berita Terbaru
Chat with Us!