Raih Gelar Doktor, Herry Krisnandi Berharap Disertasinya Bisa Dikembangkan

Bagikan Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Raih Gelar Doktor, Heri Krisnandi

Jakarta (UNAS) – Berhasil menyandang gelar Doktor di Universitas Hasanuddin, Dr. Herry Krisnandi, S.E., M.M., berharap disertasinya bisa dikembangakan oleh kalangan akademisi ekonomi. “Harapan saya, semoga hasil penelitian atau disertasi ini bermanfaat bagi masyarakat luas dan akademisi dalam bidang ekonomi sehingga bisa dikembangkan lebih luas lagi”, terang Herry Rabu, 27 Juli 2022.

Dr. Herry Krisnandi, S.E., M.M menulis disertasi yang berjudul “PERAN PERTUMBUHAN PERUSAHAAN MEMEDIASI PENGARUH LIKUIDITAS, PROFITABILITAS DAN LEVERAGE TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN PERUSAHAAN (STUDI PADA PERUSAHAAN INDEX LQ45 PERIODE TAHUN 2015 – 2019)” sebagai syarat mendapatkan gelar doktor. Dalam disertasinya ia menjelaskan mengenai Likuiditas, Profitabilitas, Leverage dengan Pertumbuhan Perusahaan.

Menurut teori dividen residual, perusahaan menetapkan kebijakan dividen setelah semua investasi yang menguntungkan habis dibiayai. Dengan kata lain, dividen yang dibayarkan merupakan sisa (residual) setelah semua usulan investasi yang menguntungkan habis dibiayai. “Harrison Kendrick etc (2020) menyatakan bahwa rasio leverage memiliki pengaruh terhadap kebijakan dividen. Hal ini dibuktikan pada analisa terhadap perusahaan publik Filipina di bawah sektor properti untuk tahun 2012-2016. Beberapa penelitian menyatakan bahwa Likuiditas dan profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan perusahaan”, Herry dosen FEB UNAS.

Dr. Herry Krisnandi, S.E., M.M., foto bersama istri setelah sidang Doktor.

Pertumbuhan perusahaan menjadi aspek potensial bagi suatu perusahaan. Semakin cepat tingkat pertumbuhan perusahaan, semakin besar kebutuhan akan dana untuk membiayai perusahaan,sehingga semakin besar kebutuhan dana di masa mendatang, semakin mungkin perusahaan menahan pendapatan, bukan membayarkannya sebagai dividen. “Pertumbuhan perusahaan menjadi aspek potensial bagi suatu perusahaan. Semakin cepat tingkat pertumbuhan perusahaan, semakin besar kebutuhan akan dana untuk membiayai perusahaan,sehingga semakin besar kebutuhan dana di masa mendatang, semakin mungkin perusahaan menahan pendapatan, bukan membayarkannya sebagai dividen”, ungkap Herry.

Ia menyimpulkan bahwa Likuiditas dan Profitabilitas memiliki pengaruh yang positif signifikan terhadap pertumbuhan perusahaan sedangkan Leverage memiliki pengaruh yang negatif signifikan terhadap pertumbuhan perusahaan. “Likuiditas memiliki pengaruh yang positif signifikan terhadap pertumbuhan perusahaan. Artinya bagi perusahaan yang memiliki kas yang meningkat, maka dapat memberi pengaruh dalam peningkatan pertumbuhan penjualan maupun pertumbuhan aset, Profitabilitas memiliki pengaruh yang positif signifikan terhadap pertumbuhan perusahaan. Artinya dengan meningkatnya laba usaha maka perusahaan akan memiliki peluang meningkatkan pertumbuhan aset dan pertumbuhan penjualan. Dan Leverage memiliki pengaruh yang negatif signifikan terhadap pertumbuhan perusahaan. Artinya dengan menurunnya hutang berarti beban perusahaan berkurang sehingga ada kesempatan untuk meningkatkan pertumbuhan aset maupun pertumbuhan penjualan.”, tutup Herry.

Sidang doktoral Herry Krisnandi dihadiri oleh Prof.Dr. Abdul Rakhman Laba.,SE.,MBA, selaku Promotor, Prof.Dr. Mahlia Muis.,SE.,M.Si, selaku Co.Promotor I,  Prof.Dr. Maat Pono.,SE.,M.Si, selaku Co.Promotor II,  Prof.Dr.Muhammad Ali.,MS, selaku Penguji, Dr.Mursalim Nohong.,SE.,M.Si, selaku Penguji dan Dr. Muhammad Yunus Amar.,SE.,M.T, juga sebagai Penguji. (*TIN)

 

Berita Terbaru
Chat with Us!