Prodi Pendidikan Profesi Bidan FIKES Unas Jalani Asesmen Lapangan Daring oleh LAM-PTKes

Bagikan Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Prodi Pendidikan Profesi Bidan FIKES Unas Jalani Asesmen Lapangan Daring oleh LAM-PTKes

Jakarta (Unas) – Program Studi Pendidikan Profesi Bidan Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) Universitas Nasional (Unas) jalani asesmen lapangan secara daring oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes), pada 18-21 Januari 2022. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari proses visitasi akreditasi program studi.

Adapun tim asesor yang didaulat LAM-PTKes terdiri dari 3 orang yakni Yuseva Sariati, S.E., S.ST., M.Keb., dari Universitas Brawijaya Malang, Dr. Devi Syarief, S.Si.T., M.Keb dari STIKES Mercu Bakti Jaya Padang, serta Dr. Yuni Kusmiyati, S.ST., Bdn., M.PH dari Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

Yuseva Sariati, S.E., S.ST., M.Keb.,
Yuseva Sariati, S.E., S.ST., M.Keb.,

Salah satu asesor, Yuseva Sariati, S.E., S.ST., M.Keb. mengatakan, proses asesmen lapangan harus dilakukan secara daring sesuai dengan keputusan surat LAM-PTKes mengingat adanya pandemi Covid-19. Proses asesmen ini merupakan rangkaian dari akreditasi untuk mendapatkan bukti melalui verifikasi, validasi, dan klarifikasi data yang disajikan tim akreditasi FIKES Unas dalam borang.

“Kami akan melakukan penilaian selama empat hari kedepan, dan proses asesmen daring ini dilakukan melalui zoom meeting serta tidak ada perbedaan seperti asesmen tatap muka karena tetap ada proses wawancara dengan breakout room, konfirmasi data, serta tinjauan lapangan secara streaming,” jelasnya.

Ia melanjutkan, kriteria akreditasi program studi profesi mencakup komitmen untuk memberikan layanan prima dan efektivitas pendidikan yang terdiri atas 9 kriteria yaitu (kriteria 1) visi, misi, tujuan, dan strategi, (kriteria 2) tata pamong, tata kelola, dan kerja sama, (kriteria 3) mahasiswa, (kriteria 4) sumber daya manusia, (kriteria 5) keuangan, sarana, dan prasarana (kriteria 6) pendidikan, (kriteria 7) penelitian, (kriteria 8) pengabdian kepada masyarakat, serta (kriteria 9) luaran dan capaian berupa hasil pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Dr. El Amry Bermawi Putera, M.A.,
Dr. El Amry Bermawi Putera, M.A.,

Sementara itu, dalam sambutannya, Rektor Unas, Dr. El Amry Bermawi Putera, M.A., mengatakan, Unas melalui fakultas dan program studi terus berupaya meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan disegala bidang agar bisa memperoleh akreditasi unggul.

“Banyak hal yang telah dilakukan FIKES Unas dalam meningkatkan mutu diantaranya workshop kurikulum, melaksanakan Obtective Structured Clinical Examination atau OSCE, bimbingan teknik akreditasi, dan kegiatan lainnya. Kami dari Unas dan pimpinan akan selalu mendukung kegiatan baik yang dilakukan oleh FIKES Unas, terutama Prodi Pendidikan Profesi Bidan ” ujarnya pada saat pembukaan kegiatan, Selasa (18/01).

Dr. Retno Widowati, M.Si.,
Dr. Retno Widowati, M.Si.,

Kegiatan dilanjutkan dengan pengenalan tim asesor, pembacaan kode etik dan susunan kegiatan asesmen lapangan daring, serta presentasi profil Unit Pengelola Program Studi (UPPS) dan program studi oleh Dekan FIKES, Dr. Retno Widowati, M.Si., dan dilanjutkan oleh Ketua Program Studi Pendidikan Profesi Bidan FIKES Unas, Sri Dinengsih, S.Si.T., M.Kes.

Pada hari kedua, asesmen daring profesi bidan FIKES  diawali dengan penilaian sarana prasarana pembelajaran atau virtual tour secara live streaming, serta penilaian pembelajaran perkuliahan dan wawancara dengan dosen, mahasiswa, dan lulusan. Sementara hari ketiga diisi dengan penilaian pembelajaran pada wahana praktik, konfirmasi data dan informasi dalam dokumen kinerja, lalu diakhiri dengan penandatanganan berita acara dan diskusi pada hari keempat. (NIS)

Berita Terbaru
Chat with Us!