Prodi Informatika Lakukan Sosialisasi Kurikulum 2021 Kepada Mahasiswa

Jakarta (Unas) – Program Studi Informatika Fakultas Teknologi, Komunikasi, dan Informatika (FTKI) Universitas Nasional (Unas) lakukan sosialisasi kurikulum tahun akademik 2021/2022 kepada mahasiswa. Kegiatan ini dilakukan pada Sabtu, 11 September 2021.

Dihelat secara virtual melalui zoom meeting, kegiatan ini diisi oleh pemaparan distribusi mata kuliah oleh Ketua Program Studi Informatika, Agus Iskandar, S.Kom., M.Kom., dan Sekretaris Program Studi Informatika, Albaar Rubhasy, S.Si. M.T.I.

Agus mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada mahasiswa terkait distribusi mata kuliah program studi Informatika, serta cara pengisisan Kartu Rencana Studi (KRS) terkait perubahan mata kuliah tersebut.

Agus Iskandar, S.Kom., M.Kom.

“Sosialisasi ini bertujuan agar mahasiswa paham bahwa ada beberapa mata kuliah program studi Informatika yang dikonversi atau mengalami perubahan. Dengan harapan, setelah kegiatan ini berlangsung mahasiswa dapat memilih mata kuliah dengan mudah dan melakukan pengisian KRS mandiri,” ujarnya dalam pembukaan kegiatan.

Selain itu, lanjutnya, sosialisasi ini juga diharapkan dapat membantu kelancaran proses belajar mengajar antara dosen dan mahasiswa di program studi Informatika. “Jika memang ada hal yang masih kurang dipahami terkait mata kuliah, mahasiswa dapat langsung menghubungi dan berkonsultasi dosen pembimbing akademik masing-masing,” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Program Studi Informatika, Albaar Rubhasy, S.Si. M.T.I. menjelaskan mengenai distribusi mata kuliah program studi dari semester 1 hingga semester 7.

“Ada beberapa mata kuliah baru yang wajib ditempuh mahasiswa misalnya pada semester 7, terdapat mata kuliah Quantum Computing and Technology sebanyak 3 SKS dikonversi dari mata kuliah Teknik Kompilasi, dan Cyber Physical System sebanyak 2 SKS dikonversi dari Mata kuliah Pemrograman Multimedia, dan lain-lain,” jelasnya.

Albaar Rubhasy, S.Si. M.T.I.

Sementara itu, tambahnya, pada semester 7 mata kuliah tugas akhir yang semula 6 SKS dipisah menjadi 2 SKS untuk seminar dan publikasi, serta 4 SKS untuk tugas akhir. “Untuk review awal nanti akan masuk di mata kuliah seminar dan publikasi, sedangkan review akhir itu nilainya dari mata kuliah tugas akhir,” tegasnya.

Terkait adanya konversi mata kuliah ini, Albaar mengatakan, program studi Informatika berupaya agar tidak ada jumlah SKS yang berkurang, tetapi akan menguntungkan mahasiswa. Kegiatan ini berlangsung pada pukul 10.00 hingga 12.00, dan diisi dengan sesi tanya jawab antara dosen dengan mahasiswa. (NIS)