Prodi Biologi Lakukan Praktikum dan PCR Workshop 2024

Jakarta (UNAS) – Program Studi Biologi Fakultas Biologi dan Pertanian (FBP) Universitas Nasional (UNAS) melakukan PCR Workshop serta praktikum dengan 3 jenis sampel  yaitu darah, tumbuhan dan bakteri. PCR Workshop ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman para peserta yang hadir dalam kegiatan ini, yaitu tentang teknik PCR yang merupakan salah satu metode yang penting dalam biologi molekular.

Kegiatan yang digelar pada Selasa dan Rabu, 6-7 Februari 2024 di Laboratorium Mikrobiologi dan Laboratorium Zoologi, Bambu Kuning UNAS  turut dihadiri oleh Dekan FBP Dr. Fachruddin M. Mangunjaya, M.Si., Wakil Dekan FBP Prof. Dr. Dra. Sri Endarti Rahayu, M.Si., Ketua Program Studi Magister Biologi Pascasarjana Dr. Fitriah Basalamah, M.Si., Ketua Program Studi Biologi Dra. Noverita, M.Si, Kepala Pusat Kajian Pemanfaatan Berkelanjutan Tumbuhan Tropika UNAS Prof. Dr. Dedy Darnaedi, M.Sc, Kepala Laboratorium Kimia Astri Zulfa, S.Si., M.Si serta dihadiri oleh SMA Highfield Duren Sawit, SMA Dewi Sartika, SMA Garuda Cendekia, SMAN 8 Jakarta, SMA 17 Agustus 1945 Jakarta, SMAN 97 Jakarta dan SMA An-Nahl Islamic School.

Pada era kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, aplikasi teknik biologi molekuler menjadi kunci utama dalam memahami dan mengembangkan penelitian di berbagai bidang biologi, salah satunya adalah Polymerase Chain Reaction (PCR) untuk membantu identifikasi keanekaragaman hayati.

Kegiatan workshop ini menghadirkan Keynote Speaker yaitu Wakil Rektor Bidang Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan Kerjasama, Prof. Dr. Ernawati Sinaga, M.S., Apt dan Kepala Pusat Kajian Pemanfaatan Berkelanjutan Tumbuhan Tropika UNAS Prof. Dr. Dedy Darnaedi, M.Sc, Dalam sambutannya, ia mengatakan kegiatan ini adalah kegiatan yang menarik karena berhubungan dengan perkembangan zaman dan pengetahuan di bidang Biologi molekuler dan bioteknologi, bioteknologi merupakan ilmu tentang pemanfaatan atau rekayasa organisme atau komponen organisme untuk menghasilkan produk yang bermanfaat bagi manusia.

Baca Juga :   Dosen Wirausaha Ajak Mahasiswa Jadi Pengusaha di Era Baru

Ia melanjutkan “ Semoga setelah acara ini diharapkan anak muda antusias untuk mempelajari sains lebih dalam. Kemudian, para panitia diharapkan dapat membuat forum tentang sains untuk diskusi lebih lanjut di dalam forum tersebut,” imbuhnya.

Dalam sambutannya, Dr. Tatang Mitra Setia, M.Si. menyampaikan PCR merupakan salah satu teknologi yang dapat membantu biologi. Oleh sebab itu, workshop ini dapat mengedukasi siswa dan para guru untuk lebih memahami tentang bakteri, darah dan tumbuhan.

Ketua prodi Biologi Dra. Noverita, M.Si menyampaikan bahwa kegiatan PCR WORKSHOP ini sangat bermakna. Kemudian, saya dan  peserta mencoba teknik PCR yang merupakan salah satu metode penting yang harus dipelajari oleh ahli Biologi.

Ia menambahkan “Semoga kita dapat meningkatkan pemahaman tentang PCR dan menerapkan pengetahuan dalam pengembangan riset dan Pendidikan di bidang Biologi. Semoga Praktikum dan PCR Workshop ini menjadi sarana yang bermanfaat bagi kita semua dan dapat membawa dampak positif dalam pengembangan ilmu pengetahuan,” tutupnya. (SAF)

Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!